Analisis respon mahasiswa terhadap video pembelajaran IPA prosedur pembuatan es krim sederhana
Ermita Dewi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Hasna Dianing Fiyandita, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Asy Syifa’ul Qolby, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Khalid Ibnu Winarno, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon mahasiswa Pendidikan IPA terhadap video pembelajaran IPA prosedur pembuatan es krim sederhana. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan IPA FMIPA UNY tahun 2021. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan IPA kelas F FMIPA UNY tahun 2021. Instrumen yang digunakan berupa angket respon mahasiswa. Pengambilan data dilakukan menggunakan angket google form. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Penyajian data hasil respon mahasiswa menggunakan bentuk histogram. Hasil analisis menunjukkan bahwa video pembelajaran IPA memperoleh persentase nilai akhir dari segi audio sebesar 79,45% dengan kategori “Baik”, segi visual sebesar 80,54% dengan kategori “Baik”, segi bahasa sebesar 82,36% dengan kategori “Sangat Baik”, dan segi materi sebesar 82,18% dengan kategori “Sangat Baik”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baber, H. (2021). Modelling the acceptance of e-learning during the pandemic of COVID-19 A study of South Korea. The International Journal of Management Education, 19(2). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100503.
Djamarah & Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Febriani, C. (2017). Pengaruh Media Video Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11-21.
Handarini, O. I. (2020). Daring To Draw Causal Claims From Non-Randomized Studies Of Primary Care Interventions. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3), 496-503.
Hidayat, U., Fitryane, L., & Rusiyah. Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam. Jambura Geo Education Journal, 4(1).
Hilmi, D., Venia N. A., Hesty M. E. (2020). Video Based Learning Sebagai Tren Media Pembelajaran di Era 4.0 : Jurnal Pendidikan Ilmiah. Vol. 5 No. 1.
Melda, F., & Putri,D. H. (2021). Development of Microbiology Learning Animation Videos for Biology Students at Padang State University. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 26(1), 46-53. http://dx.doi.org/10.52155/ijpsat.v26.1.2938.
MR, M. I. F. (2017). Manajemen Pondok Pesantren Dalam Menjawab Tantangan Modernitas: Studi Multisitus di Pondok Pesantren Lirboyo dan Pondok Pesantren Al-Falah Kediri. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(1), Article 1. https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.1.67-88
MR, M. I. F. (2019). Learning Patterns of Deaf Students in Islamic Religious Studies. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i1.3821
MR, M. I. F., Anam, A. M., Agustinova, D. A., Prasastiawati, D., Awalin, F. R. N., & Yaacob, N. H. (2024). Community-based Islamic education: Democratizing learning through local wisdom. Jurnal Ilmiah WUNY, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i2.76362
MR, M. I. F., & Widiastuti, A. (2024). Pendidikan Sociopreneur Komunitas Muslim: Integrasi Nilai Islam dan Kewirausahaan Sosial. UNY Press. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=qs3egR0AAAAJ&sortby=pubdate&authuser=1&citation_for_view=qs3egR0AAAAJ:eQOLeE2rZwMC
MR, M. I. F., Widiastuti, A., & Widodo, S. F. A. (2024). Sekolah Yang-Eyang Modeling For Grandchild Caregiving: A Lesson From East Java, Indonesia. https://iceri.uny.ac.id/sites/iceri.uny.ac.id/files/download-file/Prosiding%20ICERI%202024.pdf
Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50-59.
Pambudi, B., Efendi, R. B., Novianti, L. A., Novitasari, D., & Ngazizah, N. (2019). Pengembangan Alat Peraga IPA dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15097.
Purwanto, N. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Sagala, S. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alvabeta.
Suharsimi, A. & Jabar, C. S. A. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wardhani, L. D. K., Hutomo, N. A., Moekti, B. S., & Mukti, M. U. E. (2021). Pencegahan Penyakit Toxoplasmosis Melalui Video Animasi Lagu Edukasi Pada Anak di Desa Drajat Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro.
Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(1), 33–40. https://doi.org/10.33369/dr.v19i1.13596.
Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Widiastuti, Anik, dan Moh Irsyad Fahmi MR. “Meningkatkan Sikap Peserta Didik Melalui Social Action Project dan Project Based Learning.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 14, no. 2 (21 Mei 2024): 107–18. https://doi.org/10.24246/j.js.2024.v14.i2.p107-118.
Widiastuti, Anik, Moh Irsyad Fahmi Mr, Syukri Fathudin Achmad Widodo, Touheed Ahmed, dan Shahzeb Shahzeb. “Integration of Pancasila and Islamic Values in Indonesia’s Futuristic Education Transformation: Multicultural Analysis.” Journal of Social Studies (JSS) 20, no. 2 (30 September 2024): 133–44. https://doi.org/10.21831/jss.v20i2.76379.
Widodo, Syukri Fathudin Achmad, Moh Irsyad Fahmi Mr, Anik Widiastuti, Touheed Ahmed, dan Shahzeb Shahzeb. “Implementasi dan dampak pendidikan holistik berbasis lingkungan pada siswa: studi kasus di sekolah alam.” Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 24, no. 2 (30 September 2024): 193–204.https://doi.org/10.21831/hum.v24i2.76954.
DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v7i1.69770
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah WUNY

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Supported by: