CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN IMPLEMENTASINYA DI PT PERTAMINA PERSERO
Abstract
Corporate Social Responsibility (CSR) muncul dari adanya berbagai aktifitas perusahaan yang membawa dampak terhadap kualitas hidup manusia baik terjadinya pemanasan global, pencemaran lingkungan, kemiskinan dan penyakit menular yang memunculkan konsep tanggung jawab social bagi perusahaan. Perusahaan dituntut secara sadar tidak hanya mencari profit atau keuntungan semata. Akan tetapi juga harus memperhatikan keberlangsungan social di masyarakat. Implementasi program CSR mempunyai tiga fokus yang disebut 3P atau profit, planet dan people yang artinya, perusahaan yang baik tidak hanya memburu kepentingan ekonomi saja (profit), akan tetapi harus memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan (planet) dan kesejahteraan masyarakat (people). Tulisan ini merupakan telaah literatur tentang teori dan praktik pelakasaaan Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia yang akan membahas tentang konsep Corporate Social Responsibility (CSR), pentingnya penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) bagi perusahan sebagai tanggung jawab sosial, pendekatan terhadap penerapan CSR, argumentasi pro kontra terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) dan aktivitas CSR di PT Pertamina Persero
Kata kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), perusahaan, PT Pertamina Persero
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anne, L. T. (2005). Business and Society: Stake Holders, Ethics, Public Policy (International, 11 ed.): Mc Graw Hill.
Fahrial, Andrew ShandyUtama, dan Sandra Dewi. "Pemanfaatan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Pembangunan Perekonomian Desa." Jurnal Wawasan Yuridika 3, No. 2 (2019): 251-264.http://dx.doi.org/10.25072/jwy.v3i2.256.
Indra Diki Dewantara. “BENTUK KEMITRAAN Djarum Foundation dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus Dalam Kerangka Corporate Social Responsibility (CSR)” Media Neliti: https://media.neliti.com/media/publications/188471-ID-djarum-foundation-dengan-dinas-pendidika.pdf
Kotler, P., & Nance, L. (2005). Corporate Social Responsibility: Doing The Most Good for Your Company and Your Cause: John Wiley & Sons Inc
Mahmud, (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung :CV Pustaka Setia
Marnelly, TR. (2012). Corporate Social Responsibility (CSR): Tinjauan Teori dan Praktek di Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol. 2 No. 2, 49-59.
Mohamdad Nazir. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Sulistyaningtyas, I. D. (2006). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Program Kampanye Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 3 No. 1, 63-76.
Widjaja, G., & Yani, A. (2006). Perseroan Terbatas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Widjaja, G., & Yeremia, A. P. (2008). Risiko Hukum dan Bisnis Perusahaan Tanpa CSR. Jakarta: Forum Sahabat.
“Tanggung Jawab Sosial Perusahaan”. Pertamina.com. diakses pada 1 Agust. 2023, dari https://www.pertamina.com/id/tanggung-jawab-sosial-perusahaan
“KM Kolok Bengkala, Wujudkan Mimpi Masyarakat Adat Bali”. Pertamina .com diakses pada 1 Agust.2023, dari https://pertamina.com/id/news-room/news-release/kem-kolok-bengkala-wujudkan-mimpi-masyarakat-adat-bali
DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v5i2.65400
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah WUNY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Supported by: