Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Sejarah Untuk Meningatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 8 Bungo

Dila Wedyanida Futrie, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Teknologi informasi sendiri memiliki keterkaitan dengan media social, media social di Indonesia cukup mempengaruhi pada lingkup pendidikan khususnya dalam pola pembelajaran. Siswa SMAN 8 Bungo merasa bahwa pembelajaran sejarah merupakan pembelajaran yang membosankan, sehingga dibutuhkan inovasi media pembelajaran guna meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana media social bermanfaat sebagai media pembeajaran sejarah untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMAN 8 Bungo. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan data yang didapatkan dari hasil observasi/pengamatan dan mempelajari dokumen-dokumen, jenis data dari tulisan ini adalah data yang didapat dari studi literature. Berdasarkan hasil observasi media social terbukti mampu meningkatkan minat belajar siswa, karena media social dianggap sebagai media yang menyenangkan dan segar, sehingga siswa menjadi antusias untuk mengikuti pembelajaran sejarah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v5i2.50123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats