KENDALA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI BAGI SISWA SD, GURU, DAN ORANGTUA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kendala pelaksanaaan pembelajaran jarak jauh bagi siswa SD pada masa pandemi COVID-19 dan sisi-sisi positifnya sebagai penyeimbang analisis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dijaring dengan teknik eksploratif, dengan mewawancarai perwakilan dari guru-guru dan wali murid. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala yang dialami oleh murid, guru, dan orang tua, yaitu keterbatasan media, penguasaan teknologi yang masih kurang, penambahan biaya kuota internet, tambahan pekerjan orang tua dalam pendampingan belajar anak, komunikasi dan sosialisasi antara siswa, guru, dan orang tua menjadi berkurang, dan durasi kerja guru menjadi tidak terbatas. Walaupun demikian, fenomena ini memiliki sisi-sisi positif, yakni siswa menjadi semakin mandiri, serta kekompakkan diantara siswa, orangtua, dan guru semakin terbentuk.
Keywords
Pembelajaran Jarak Jauh; Masa Pandemic; Siswa SD
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i1.40706
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah WUNY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Supported by: