Modifikasi sarana dan prasana olahraga dapat dilakukan guru untuk pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), salah satunya adalah modifikasi cakram dari piring plastikuntuk pembelajaran PJOK atletik nomor lempar cakram. Pembelajaran dapat dioptimalkan dengan pemilihan alat pelajaran yang digunakan. Kesesuaian dan pemenuhan jumlah alat olahraga yang standar menjadikan pembelajaran dapat berjalan baik (optimal) karena semua siswa dapat terlibat dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan motivasi belajar lempar cakram pada siswa dan (2) meningkatkan hasil belajar lempar cakram pada siswa kelas IX A SMPN 4 Tegalombo Satap. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroomaction research). Tindakan yang diberikan dalam penelitian ini adalah penggunaan modifikasi cakram dari piring plastik untuk semua siswa dengan frekuensi yang cukup ketika pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) terjadi peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 7,8% setelah diberi tindakan pada siklus I dan 10,3% pada siklus II, (2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 3,0 setelah diberi tindakan pada siklus I dan 4,5 pada siklus II. Peningkatan motivasi dan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini adalah: (1) modifikasi cakram dari piring plastik dapat meningkatkan motivasi belajar lempar cakram siswa dan (2) modifikasi cakram dari piring plastik dapat meningkatkan hasil belajar lempar cakram siswa.
Kata Kunci:motivasi belajar, hasil belajar, modifikasi cakram
Keywords
motivasi belajar; hasil belajar; modifikasi cakram