Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan dampak atau pengaruh lain dari belajar tanpa tatap muka terhadap peningkatan pengetahuan siswa kelas VI pada SD Negeri Karangtengah IV. Pemahaman siswa dapat meningkat apabila siswa paham terhadap materi yang diberikan. Pembelajaran yang dilaksanakan terkait dengan model belajar tanpa tatap muka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian dijaring menggunakan observasi dan wawancara. Data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, displai data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tanpa tatap muka (daring), sebagai akibat berlangsungnya pandemi covid 19 yang dirasakan sebagai penderitaan masyarakat dunia, di satu sisi, justru berdampak positif di sisi lain, yakni dapat meningkatkan pemahaman siswa atas ilmu pengetahuan. Pengetahuan siswa dapat meningkat karena siswa menjadi terlatih atau terampil menggunakan berbagai media pembelajaran, satu hal yang sulit terlaksana ketika pembelajaran selalu dilaksanakan secara tatap muka (luring).
Kata Kunci: peningkatan pemahaman, ilmu pengetahuan, belajar tanpa tatap muka
Keywords
peningkatan pemahaman; ilmu pengetahuan; belajar tanpa tatap muka