PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENULIS ARTIKEL MELALUI WORKSHOP
Abstract
Budaya dan kebiasaan menulis melekat pada tugas guru atau pendidik lainnya, baik sebelum, saat, maupun sesudah pembelajaran. Kemampuan guru dalam menulis perlu ditingkatkan karena bermanfaat dalam pengembangan pembelajaran maupun peningkatan karir, jabatan, dan profesionalismenya. Penelitian bertujuan meningkatkan kemampuan guru SDN Karangtengah IV untuk menulis artikel. Penelitian merupakan penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus menggunakan desain spiral, terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan selama 2 bulan dengan responden sebanyak 8 guru yang terdiri dari 6 guru kelas, 1 Guru Agama, dan 1 Guru Olahraga. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi tingkat partisipasi kegiatan workshop dan penilaian terhadap kemampuan guru menulis artike. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, tingkat partisipasi siklus 1 reratanya 71,46. Sedangkan siklus 2 mencapai 87,29. Terjadi peningkatan sebesar 15,83. Hasil rerata kemampuan menulis artikel siklus 1 mencapai 74,98, sedang siklus 2 mencapai 87,21. Terjadi peningkatan sebesar 12,27. Antara siklus 1 dibandingkan dengan siklus 2, baik tingkat partisipasi maupun kemampuan menulis artikel guru-guru SDN Karangtengah IV mengalami peningkatan. Semua memperoleh nilai rerata di atas indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu 85. Sebanyak 1 guru atau 12, 5 % memperoleh predikat amat baik dan 7 guru atau 87,5% nilai yang dicapai dalam kategori baik
Kata Kunci: Peningkatan, Workshop, Menulis artikelKeywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i2.34682
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah WUNY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Supported by: