Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks prosedur pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 6 Yogyakarta dengan menggunakan metode demonstrasi berbasis problem based learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah XI MIPA 1 SMA Negeri 6 Yogyakarta berjumlah 35 siswa. Penelitian ini terdiri dua siklus.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes menulis teks prosedur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Keabsahan data dengan validitas (demokratis, proses, dialogis) dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi berbasis PBL dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur. Peningkatan terlihat dari segi proses maupun hasil. Peningkatan proses tercatat berdasarkan peran guru maupun siswa dalam pembelajaran. Hal ini ditandai dengan munculnya respon positif melalui sikap kerja sama dan antusias yang ditunjukkan siswa serta kondisi pembelajaran yang berlangsung kondusif. Peningkatan proses berdampak positif terhadap peningkatan hasil. Peningkatan hasil dapat terlihat dari peningkatan skor produk teks siswa pada siklus I sampai dengan siklus II. Rata-rata skor pada saat pratindakan sebesar 68,14 rata-rata pada siklus I sebesar 68,57, dan rata-rata pada siklus II sebesar 80,64. Kenaikan skor rata-rata mulai dari pratindakan hingga siklus II adalah sebesar 12,05.
Keywords
pembelajaran; menulis teks prosedur; metode demonstrasi; model PBL