POT BUNGA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN AKAR PANGKAT TIGA PADA SISWA KELAS VI SD

Dwi Wahyuni,

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan akar pangkat tiga dengan menggunakan gambar pot bunga pada siswa kelas VI SDN Karangtengah Baru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi kegiatan : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, catatan lapangan, tes, angket, observasi, dokumentasi. Catatan lapangan digunakan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Tes digunakan untuk mengetahui pengetahuan siswa, dan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran akar pangkat tiga pada bilangan kubik menggunakan gambar pot bunga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gambar pot bunga meningkatkan pengetahuan akar pangkat tiga bilangan kubik. Semua kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian telah tercapai, diantaranya (1) hasil tes menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas; (2) persentase siswa yang mencapai nilai KKm yang ditetapkan meningkat; (3) respon siswa terhadap pembelajaran akar pangkat tiga pada bilangan kubik dengan gambar pot bunga dalam kategori baik.

Keywords


i: Pot bunga; akar pangkat tiga; siswa kelas VI

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i1.30944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats