Peningkatan kualitas pendidikan merupakan tujuan dalam pembangunan pendidikan nasional kita, guru sebagai pendidik perlu lebih memperhatikan dalam memilih metode mengajar yang efektif dan efisien untuk mencapai hasil secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan prestasi belajar siswa dengan pembelajaran berbasis project pada mata pelajaran geografi kompetensi dasar dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan; 2) peningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran geografi kompetensi dasar dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMAN 6 Yogyakarta tahun pelajaran 2019/2020. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas X IPS SMAN 6 Yogyakarta, yang berlangsung dalam dua siklus yang masing-masing meliputi empat tahap, yaitu : 1) Persiapan Tindakan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Pemantauan dan Evaluasi, dan 4) Analisis dan Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan dengan diterapkannya pembelajaran berbasis Project pada mata pelajaran geografi kompetensi dasar dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan 1) terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa dari 54% menjadi 86%; 2) terjadi peningkatan skor dari 2,76 (kualifikasi kurang baik) menjadi 3,87 (kualifikasi baik).