Perancangan Desain Karakter pada Mobile Game Tapel Saga dengan Inspirasi Topeng Malangan dan Urban Legend

Novida Nur Miftakhul Arif, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Desain karakter menjadi bagian penting dalam video game, tidak hanya membutuhkan pemahaman desain namun juga pemahaman tentang sumber inspirasi, terutama jika bertujuan mempromosikan budaya tradisional seperti topeng Malangan. Tapel Saga mencoba menginterpretasikan aspek esoteris dari topeng Malangan dan urban legend ke dalam format mobile game. Representasi nilai kebudayaan tradisi ini dapat divisualkan dalam desain karakter dengan memperhatikan prinsip perancangan desain karakter dan selera target audience yaitu generasi muda. Kajian pustaka tentang topeng Malangan dan urban legend Malang tidak terlalu banyak, oleh karenanya data tentang topeng Malangan sebagian besar diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan praktisi maupun pemerhati yang ada di wilayah Malang khususnya Jabung. Karakter dalam mobile game diciptakan dengan menggunakan metode perancangan desain karakter yang memperhatikan prinsip desain seperti pemanfaatan bentuk dasar, karakteristik target audience, serta sumber inspirasi yaitu budaya tradisi. Pengembangan desain karakter mobile game Tapel Saga menjadi bentuk aktualisasi budaya tradisi yang dapat menjadi referensi kreatifitas visual dalam memperluas ide untuk perkembangan industri video game Indonesia yang saat ini sedang mengalami pertumbuhan signifikan.


References


Draw. (2019). The Character Designer. Sweden: 21D Sweden AB.

Adams, Ernest. (2024). Fundamentals of Game Design (3rd Ed). Indianapolis: New Riders.

Afriansyah, Teddy. Rizal, Maulfisyaiful. Salsabila, Azizah Hana. & Harfian, Lalita Sasa. (2023). Representasi Masyarakat Malang dalam Karakter Abdi Topeng Malangan. Jurnal Sastra Indonesia, 12(3), 260-270. https://doi.org/10.15294/jsi.v12i3.57137.

Astrini, Wulan. Amiuza, Chairil Budiarto. & Handajani, Rinawati P. (2013). Semiotika Rupa Topeng Malangan (Studi Kasus: Dusun Kedungmonggo, Kec. Pakisaji, Kabupaten Malang). Jurnal Ruas, 11(2), 89-98. 10.21776/ub.ruas.2013.011.02.9

Endraswara, Suwardi. (2004). Dunia Hantu Orang Jawa. Yogyakarta: Narasi.

Fatimawati & Zurinani, Siti. (2026). Ikonografi Topeng Malangan Dalam Tokoh Dewi Sekartaji Dan Panji Asmorobangun. Acintya Jurnal Penelitian Seni Budaya, 8(1), 41-47. https://doi.org/10.33153/acy.v8i1.1915.

Hidajat, Robbi. (2014). Fungsi dan Proses Pembuatan Topeng di Kabupaten Malang Jawa Timur. Dinamika Kerajinan dan Batik,31(1), 1-12. http://dx.doi.org/10.22322/dkb.v31i1.1044.

Jatuthasri, Thaneerat. (2018). Inao of King Rama Ii: The Transformation of the Panji Stories into a Masterpiece of Thai Court Drama Literature. Spafa Journal of Archaeology dnd Fine Arts in Southeast Asia, 2(2018), 1-12. Http://Dx.Doi.Org/10.26721/Spafajournal.V2i0.576.

Kamal, Musthofa. (2010). Wayang Topeng Malangan: Sebuah Kajian Historis Sosiologis.Resital Jurnal Tari, 8(1), 54-63. https://doi.org/10.24821/resital.v9i1.450.

Lundwall, Clara. (2017). Creating Guidelines for Game Character Designs. Skripsi (Skellefteå: Luleå University of Technology, Department of Arts, Communication and Education). Diakses tanggal 2 Juni 2024.

Melany & Nirwana, Aditya. (2015). Kajian Estetik Topeng Malangan (Studi Kasus Di Sanggar Asmorobangun, Desa Kedungmonggo, Kec. Pakisaji, Kab. Malang). Imaji Jurnal Seni dan Pendidikan Seni, 13(2), 1-19. https://doi.org/10.21831/imaji.v13i2.7881.

Nieminen, Marika. (2017). Psychology in Character Design Creation of a Character Design Tool. Skripsi (Kouvola: South-Eastern Finland University of Applied Sciences). Diakses tanggal 5 Juni 2024.

Salen, Katie., & Zimmerman, Eric. (2004). Rules of Play - Game Design Fundamentals. Massachusetts London: The Mit Press Cambridge.

Saputra, Karsono H. (2010). Cerita Panji: Representasi Laku Orang Jawa. Jumantara,01(1), 61-81. https://doi.org/10.37014/jumantara.v1i1.105.

Setiyono, Junaedi. & Nugraeni, Ismawati Ike. (2020). Cerita Panji, Memory of The World, Dan Pembelajaran Vocabulary Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (Jpse), 6(1), 71-88. Https://Doi.Org/10.37729/Jpse.V6i1.6497.

Sumaryanto. (2011). Cerita Panji Antara Sejarah, Mitos, Dan Legenda. Mudra Jurnal Seni Budaya, 26(1), 17-24). https://doi.org/10.31091/mudra.v26i1.1585.

Yudhistira1, Naufal Anggito. Limbong, Priscila Fitriasih. & Suharjo, Rias Antho Rahmi. (2023). Panji Jayalengkara Angreni: Jalinan Kisah Panji Dalam Sastra Tulis Dan Kesenian. Sutasoma: Jurnal Sastra Jawa, 11(1), 1-18. Doi: 10.15294/Sutasoma.V11i1.60564.

CNN Indonesia. (2021, 20 Juni). Alasan Masyarakat Mudah Percaya Hal Mistis. Diakses pada 18 Juni 2024, dari https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20210618182457-241-656370/alasan-masyarakat-mudah-percaya-hal-mistis

Deny, Septian. (2023, 02 November). Indonesia Jadi Pasar Game Mobile ke-3 Terbesar Dunia, Perputaran Uangnya Bikin Kaget. Diakses pada 20 Juni 2024, dari https://www.liputan6.com/bisnis/read/5439911/indonesia-jadi-pasar-game-mobile-ke-3-terbesar-dunia-perputaran-uangnya-bikin-kaget




DOI: https://doi.org/10.21831/sungging.v3i1.75292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Novida Nur Miftakhul Arif


Creative Commons License
Jurnal Sungging is published by Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging

 

Our Journal has been Indexed by: 

 
 

Supervised by: