Ornamentasi figur Ronggolawe dan kudanya untuk desain tas kulit wanita berbasis budaya

Fika Nur Happy, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ismadi Ismadi, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan proses penciptaan tas kulit dengan ornamen figure Ronggolawe dan kudanya, mendesain tas dan ornamen yang terispirasi dari figur Ronggolawe dan kudanya, dan mendeskripsikan hasi, penyajian dan publikasi tas dengan ornamen figur Ronggolawe dan kudanya dengan teknik hias pyrography sebagai teknik hias permukaan kulit.

Penciptaan karya kriya kulit ini dilakukan sesuai dengan metode penciptaan karya seni Gustami, SP. yaitu eksplorasi, perancangan, dan perwujudan. Dalam tahap eksplorasi kegiatan yang dilakukan adalah mencari data melalui observasi di kabupaten Tuban,kunjungan industri kulit dan studi pustaka. Tahap selanjutnya adalah tahap perancangan, pada tahap ini dilakukan pembuatan gambar kerja dan pembuatan gambar ornamen dilakukan. Tahap yang terakhir adalah tahap perwujudan, dalam tahapan ini dilakukan proses berkarya sesuai dengan rancangan. Karya dikerjakan dengan teknik hias pyrography dan hand made dalam proses pembuatan setiap partisinya.

Hasil penciptaan karya berjumlah delapan. Karya-karya tersebut adalah dua hobo bag, dua kelly bag, satu bucket bag, dua massage bag dan satu clutch bag. Semua karya berbahan kulit pull up dan nabati memiliki ornamen ronggolawe yang dikerjakan dengan teknik hias pyrography sebagai ciri khas. Warna yang digunakan pada semua karya adalah warna alami dari kulit yang menonjolkan kesan klasik. Kelebihan karya terlihat dari desain yang original dan setiap bagian dikerjakan kehati-hatian dan ketelitian tinggi dengan tujuan menghasilkan karya yang unik.


Keywords


Ronggolawe, Kriya Kulit, Tas Wanita, Teknik Pyrography

Full Text:

PDF

References


Gustami, SP. 2004. Proses Penciptaan

Seni Kriya Untaian Metodologis. Yogyakarta: Program Penciptaan Seni Pascasarjana Institut Seni Indonesia

________. 2007. Butir-butir Estetika Timur Ide Dasar Penciptaan Seni Kriya Indonesia. Yogyakarta: Prasista

Lee, Joe. 2011. Pyrography: Getting Started. Indiana Gourd Society, 12

Petru, Adrian dan Aurel Lunguleasa.

Tt. The Pyrography From Solar Radiation To

Laser Radiation. Advance In Production Automation and Transportation Systems, 206-209

Purwadi. 2005. Babad Demak: Sejarah

Perkembangan Islam di Tanah Jawa. Jogjakarta:Tunas Harapan

_______. 2006. Prabu Brawijaya Raja

Agung Binathara Ambeg Adil Paramarta. Jogjakarta: Tugu Pubhliser

Schaffer Jane, Saunders Sue. 2012. Fashion Design Course: Accessories (Design

PracticeAnd Processes For Creating Hats, Bags, Shoes, And More). London: Thomas And Hudson.

Sunarto. 2001. Pengetahuan Bahan Kulit Untuk Seni dan Industri. Yogyakarta: Kanisius.




DOI: https://doi.org/10.21831/sungging.v2i2.64435

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/sungging.v2i2.64435.g20864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 FIKA NUR HAPPY


Creative Commons License
Jurnal Sungging is published by Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging

 

Our Journal has been Indexed by: 

 
 

Supervised by: