Nilai spiritual karya Andi Kartojiwo

Diajeng Anganthi Sae, SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta, Indonesia
Damascus Heri Purnomo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aliran dan makna dalam lukisan karya Andi Kartojiwo. Jenis metode penelitian ini menggunakan metode, dekriptif, kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada aliran, makna, pendapat para seniman, pengajar, dan pengelola sanggar seni mengenai lukisan karya Andi Kartojiwo. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi data. Sedangkan, Teknik analisis data yang digunakan antara lain tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Aliran dalam lukisan karya Andi Kartojiwo dengan judul “Si Tinggil”,“Terbang Mencari-cari”,“Aroma terapi”,“Cumbu Karang”, dan “Beban Tertinggal” termasuk aliran surealisme karena keseluruhan pada lukisan tersebut memiliki simbol obyek dan suasana yang bersifat imajinasi atau di alam mimpi. Sedangkan lukisan yang berjudul “Langse (Adigang, Adigung, Adiluhung)” termasuk aliran realisme karena terdapat nilai nyata atau obyek nyata. (2) Makna yang terdapat dalam keenam lukisan Andi Kartojiwo mengangkat unsur-unsur nilai spiritual yang berupa nilai-nilai kehidupan yaitu menggambarkan dorongan semangat baik dalam menghadapi hidup seperti masalah-masalah kehidupan.


Full Text:

PDF

References


Soedarso SP. 2006. Pengertian Seni. Yogyakarta: STSRI "ASRI" .

Suherman, S. dkk. 2012. Apresiasi Seni Rupa. Thafa Media .

Sugiyono, P. D. 2013. METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Hajriansyah. 2017. SPIRITUALITAS LUKISAN AMANG RAHMAN JUBAIR. Jurnal iain antasari.

__________. 2022. Melihat Makna Spiritual Lukisan Nanang M.Yus. PELATARAN SENI VOL 7.

Zulkarnaen, L. P. 2019. Analisis Konsep Spiritual sebagai Media Ungkap pada Bahasa Rupa Karya Lukis I Nengah Kisid. Jurnal Sangkareang Mataram, 5(3), 1-8.




DOI: https://doi.org/10.21831/sungging.v2i2.64367

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/sungging.v2i2.64367.g20862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diajeng Anganthi Sae, Drs. Damascus . Heri Purnomo, M.Pd


Creative Commons License
Jurnal Sungging is published by Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging

 

Our Journal has been Indexed by: 

 
 

Supervised by: