Interior deaf space pada ruang kelas tunarungu di SLBN Dr. Radjiman Wedyodiningrat Ngawi

Lina Nurohmatin, Universitas Negeri Yogyakarta
Dwi Retno Sri Ambarwati, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui desain interior deaf space pada ruang kelas tunarungu di SLBN Dr. Radjiman Wedyodiningrat Ngawi dan memberikan analisis serta solusi terhadap desain interior sekolah tersebut agar sesuai dengan kebutuhan penggunanya; (2) memberikan pemahaman tentang kebutuhan interior anak tunarungu dalam lingkungan pendidikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah anak tunarungu SLBN Dr Radjiman Wedyodiningrat Ngawi. Objek penelitian adalah Interior Deaf Space pada Ruang Kelas Tunarungu. Data diambil dari hasil wawancara, observasi, dan dianalisis melalui pemahaman studi literatur dan triangulasi data, kemudian disusun dalam bentuk deskriptif dan direduksi sesuai dengan fokus permasalahan yang ada. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ruang kelas tunarungu SLBN Dr. Radjiman Wedyodiningrat Ngawi kurang sesuai dengan prinsip interior Deaf Space oleh Hansel Bauman. Beberapa kekurangannya berada pada prinsip jangkauan sensorik (sensory reach), mobilitas dan kedekatan (mobility and proximity) dan warna. Visibilitas dan sirkulasi kurang baik karena masih terdapat sudut siku-siku, pintu dengan bukaan mengarah keluar dan lebar koridor yang kurang luas, banyak terdapat pilar-pilar yang besar sehingga mengganggu keluasaan pandangan dan tidak terdapat warna biru. Namun, prinsip interior Deaf Space lainnya telah diterapkan dengan cukup baik, sehingga cukup mendukung pembelajaran siswa secara efektif.


Keywords


Interior, Deaf Space, Anak Tunarungu

Full Text:

PDF

References


A.G. Tamrin. 2008. Teknik Konstruksi Bangunan Gedung Jilid 2. Klaten : PT. Macanan Jaya Cemerlang.

Andayani, Rinda. 2010. Permasalahan Anak Tunarungu, Bandung: NGO

Arthur Boothroyd, Janice Gatty. 2011. The Deaf Child in a Hearing Family: Nurturing Development

Asrori. 2020. Psikologi pendidikan pendekatan multidisipliner. Banyumas: Pena Persada.

Bauman, Hansel. 2016. How Gallaudet University’s Architects Are Redefining Deaf Space.

Bunawan, Lani. 1989. Psikologi Anak Tunarungu. Jakarta: Zinnia.

Chiambretto, Alessia, and Asta Kronborg Trillingsgaard. 2016. Deafspace individuality integration. Washington DC: Gallaudet University.

Ditjen Dikdasmen. 1997. Tumbuh Kembang Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Ditjen Dikdasmen, Depdikbud, hal.154

Dwiantoro, Bayu. 2010. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kewaspadaan Mahasiswa Saat Menyeberang pada Perlintasan UI-

Margonda Tahun 2007.

Geniofam. 2010. Mengasuh dan Mensukseskan Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta: Garailmu, hal. 20

Hamidi. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press.

Haenudin. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu, Jakarta: PT. Luxima Metro Media.

Hargio Santoso, 2012. Cara memahami & mendidik Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta: Gosyen Publishing, hal. 11-13

Johnson, C. A. 2010. Articulation of deaf and hearing spaces using deaf space design guidelines: A community based participatory research with the Albuquerque sign language academy.

Kho, W. K. (2014). Studi Material Bangunan Yang Berpengaruh Pada Akustik Interior. Dimensi Interior, 12(2), 57-64.

M.Ramadhan, 2012. Pendidikan ketrampilan dan kecakapan hidup untuk anak berkebutuhan khusus, Yogyakarta: Javalitera, hal. 12-13

Moh.Amin. 1992. Kelembagaan Satuan Pendidikan Luar Biasa, (No.1 Jan-Jun ISSN:02 159640, 1992), Hal 36

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nur Ismawati, 2012. Kisah-kisah motivasi untuk anak berkebutuhan khusus tunarungu, Yogyakarta: Javalitera, hal.16

Permadi, Rully. 2019. Aplikasi Konsep Deaf Space Pada Perancangan Sekolah Luar Biasa Tunarungu (Slb-B). Jurnal Arsitektur Border, Vol. 1 (No. 1), 18 – 24.

Poeze, Harry A. 2008. Di Negeri Penjajah: Orang Indonesia di Negeri Belanda 1600-1950. Jakarta: KPG.

Pamudji Suptandar. 2002. Arsitektur Rumah Tradisional di Kabupaten Kudus: Untuk Dakwah, Seni dan Martabat. Jakarta : Universitas Trisakti

Ratih Putri Pratiwi-Afin Murtiningsih. 2013. Kiat sukses mengasuh anak berkebutuhan khusus, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, hal 17

RM Harahap, 2018,. Jurnal Pusat Komunitas Tunarungu : Mata yang Mendengar dengan Pendekatan disabilitas pendengaran.

Silaen. 2018. Metode Peneilitian Sosial untuk Penuilisan Skripsi dan Tesis, Jakarta: In media.

Smith, Deborah Deutsch and Naomi Chowdhuri Tyler. 2010. Introduction to Special Education (Seventh Ed.). New Jersey: Pearson Education Upper Saddle River

Solichin Abdul Wahab. 2011. Pengantar Analisis Kebijakan Publik, (Malang: UMM press, hal. 125

Somad, Permanarian dan Hernawati, Tati. 1995. Ortopedagogik Anak Tunarungu. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sugito, A.T. 1998. Dr. K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat: Hasil Karya dan Pengabdiannya. Jakarta: Depdikbud.

Suharmini, Tin. 2009. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Kanwa Publisisher.

Suparno. 2007. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas, hal. 97

Sunardi. 2005. Kecenderungan Dalam Pendidikan Luar Biasa, Jakarta: Depdikbud, hal 86

Surianto Rustan. 2009 . Layout, Basis & Its Application, Jakarta: Depdikbud.

Sutjihati, Somantri. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Worrell, Robert Albert Tyson. 2011. "Architectural communication accessibility for the deaf and hard-of-hearing in office buildings." Doctoral Dissertation, The Catholic University of America.

Winarsih, Murni. 2007. Intervensi Dini Bagi Anak Tunarungu dalam Pemerolehan Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Wulandari, D., Halim, M. A., Firmansyah, R., Astuti, M. Y., and Tranggana, W. L. (2022). Relevansi pemahaman komposisi nirmana terhadap kemampuan penyusunan ruang tepat guna dalam desain interior. Sungging: Jurnal Seni Rupa, Kriya, Desain dan Pembelajarannya 1(1): 19-31.




DOI: https://doi.org/10.21831/sungging.v2i2.63990

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/sungging.v2i2.63990.g20856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 lina nurohmatin, Dwi Retno Sri Ambarwati


Creative Commons License
Jurnal Sungging is published by Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging

 

Our Journal has been Indexed by: 

 
 

Supervised by: