Karakteristik bentuk dan warna seni mural karya komunitas Kawa Kutak Katik di kota Pangkalpinang

Ahdan Sayid Hikam, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
I Wayan Suardana, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk dan karakteristik warna pada seni mural karya komunitas Kawa Kutak Katik yang ada di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu teknik pengumpulan datanya dengan membuat gambaran secara sistematis dan akurat mengenai fakta-fakta serta pada dasarnya mengenai bentuk dan karakteristik warna karya seni mural tersebut. Langkah-langkah penelitian meliputi pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan alat bantu berupa: kamera, alat perekam (handphone). Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Bentuk yang ditampilkan komunitas Kawa Kutak Katik pada karya mural yang ada di Kota Pangkalpinang berupa objek ikonik yang ada di Pulau Bangka. 2) Karakteristik warna seni mural karya komunitas Kawa Kutak Katik yang ada di Kota Pangkalpinang yang membawa pembaruan atau penyegaran sehingga memberikan warna baru yang mana sebelumnya karya mural yang sering ditemui masih bergaya tradisional atau harus mirip dengan objek aslinya, baik secara bentuk dan warna.

 

Kata Kunci: Bentuk, Karakteristik, Warna, Seni Mural, Komunitas Kawa Kutak Katik

 


Full Text:

PDF

References


Prasetyo, Apriyan Rino. (2013). Persaingan Seni Visual Jalanan (Studi Deskriptif Persaingan Antar Seniman Visual Jalanan Pada Ruang Publik di kota Surabaya). Surabaya: Universitas Airlangga.

Soedarso, SP. (1991). Beberapa catatan tentang perkembangan kesenian kita. Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta.

Wicandra, Obed Bima. (2006). Merebut Kuasa Atas Ruang Publik: Pertarungan Ruang Komunitas Mural Di Surabaya. Skripsi Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Kristen Petra Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.21831/sungging.v2i1.63215

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/sungging.v2i1.63215.g20853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ahdan Sayid Hikam


Creative Commons License
Jurnal Sungging is published by Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging

 

Our Journal has been Indexed by: 

 
 

Supervised by: