Penciptaan seni lukis anak Nurkhoyri Krisna Prasetyo

Lilin Indah Marianah, Universitas Negeri Yogyakarta
Bambang Prihadi, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang penciptaan seni lukis anak karya Nurkhoyri Krisna Prasetyo meliputi latar belakang, aktivitas seni lukis dan karakteristik hasil karya seni lukis. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) Latar belakang meliputi riwayat hidup, lingkungan budaya tempat tinggal dan tempat berkarya, konsep penciptaan, dan proses Krisna dalam berkarya seni lukis yang meliputi persiapan, penentuan ide, alat bahan dan visualisasi; (2) Aktivitas yang dilakukan Krisna dalam berkarya seni lukis saat di rumah, di sekolah dan di AFC dengan lingkungan yang paling dominan di AFC; (3) Karakteristik hasil karya lukisan Krisna menggunakan unsur dekorasi unik dalam memenuhi lukisan beserta tema yang ditentukan maupun spontan, komposisi dan teknik basah maupun teknik kering yang digunakan dalam pembuatan karya.

 

Kata Kunci: Seni Lukis Anak, Lukisan Nurkhoyri Krisna Prasetyo, Art for Children

 

ABSTRACT

 

This research was conducted to find out about the creation of children's paintings by Nurkhoyri Krisna Prasetyo including background, painting activities, and characteristics of the results of the painting. This research method is descriptive qualitative with a case study approach. Data collection techniques with observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques using data reduction, data presentation, and concluding. The validity of the data using source triangulation, technical triangulation, and time triangulation. The results of this study show that: (1) Background includes curriculum vitae, a cultural environment where one lives and works, the concept of creation, and Krisna's process in creating paintings which includes preparation, determination of ideas, materials, and visualization; (2) Activities carried out by Krisna in creating paintings at home, at school, and in AFC with the most dominant environment in AFC; (3) Characteristics of Krisna's paintings using unique decorative elements in fulfilling the painting along with determined and spontaneous themes, composition and wet and dry techniques used in making the work.

 

Keywords: Children's Painting, Nurkhoyri Krisna Prasetyo's Painting, Art for Children



Keywords


Children's Painting; Nurkhoyri Krisna Prasetyo's Painting; Art for Children

Full Text:

PDF

References


Aprillia. (2014). Konsepsi Pendidikan Seni Rupa di Taman Kanak-Kanak. Jurnal UNNES. Volume 8 (1): 43-47.

Arafu, Lita. (2013). “Makna dan Tema Lukisan Karya Vivi Kurnia Kumalasari”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Creswell, John W. (2016). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hendri, Z., & Wulandari, D. (2022). Seni rupa anak & pembinaannya perspektif wacana kreativitas dan pedagogi kreatif. Cantrik Pustaka.

Iriaji dan Herawati. (1999). Pendidikan Seni Rupa. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Jumiatin, Deaedah. (2018). Pendidikan Seni Rupa Anak Usia Dini. Bandung: Algaprint Jatinangor.

Martono. (2017). Pembelajaran Seni Lukis Anak Untuk Mengembangkan Imajinasi, Ekspresi dan Apresiasi. Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni, UNY.

Masganti, dkk. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

M. Fitrah dan Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus. Sukabumi: Jejak.CV.

Pamadhi, Hadjar. (2008). Ruang Lingkup Seni Rupa Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

(2012). Pendidikan Seni. Yogyakarta: UNY Press.

Prihadi, Bambang dan Tjetejep Rohadi R. (2018). Eksistensi dan Praktek Art for Children (AFC) Yogyakarta Sebagai Pendidikan Seni Nonformal. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Seni Harmonia. Volume 18 (2): 143-146.

Read, Herbert. (1980). Education Through Art. New York: Pantheon Books.

Restian, Arina. (2020). Pendidikan Seni Rupa Estetik Sekolah Dasar. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Sarwono, Ridha. (2017). Konsep Seni Pada Karya Seni Lukis Anak Usia 4 Sampai 8 Tahun. Jurnal Waspada FKIP UNDARIS. Volume 2(2): 84-92.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.CV.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV.

Wahyuningsih, Saptari Siwi. (2018). “Conceptual Art Dalam Karya Seni Lukis Anak Usia 4 Sampai 8 Tahun”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Yuningsih, C. Retno. (2019). Pembelajaran Seni Rupa di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Sebelas April. Volume 3 (1): 2.

(2022). Rancangan Kurikulum Sanggar Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Visual Ideas. Volume 2(1): 20.




DOI: https://doi.org/10.21831/sungging.v2i1.63125

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/sungging.v2i1.63125.g20852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lilin Indah Marianah, Bambang Prihadi


Creative Commons License
Jurnal Sungging is published by Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging

 

Our Journal has been Indexed by: 

 
 

Supervised by: