Pembelajaran Seni Rupa dengan Model Think-Pair-Create-Share

Shandra Novia Edsantrika, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Dwi Wulandari, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Dalam pelaksanaan pembelajaran seni rupa, sering ditemukan kendala berupa rendahnya interaksi sosial dan kemampuan komunikasi peserta didik. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan program pembelajaran seni lukis kelas XI SMA dengan model Think-Pair-Create-Share (TPCS) dan (2) mengetahui kelayakan program pembelajaran seni lukis kelas XI SMA dengan modelThink-Pair-Create-Share (TPCS). Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE analisis (Analyze), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), uji coba (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, validasi ahli, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan cara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) proses pengembangan meliputi analyze, design, development, implementation, dan evaluation (2) hasil penilaian RPP dengan persentase 98,2% jika dikonversikan menggunakan kriteria kualitatif memperoleh nilai sangat baik. Hasil persentase respon guru pada pernyataan positif yaitu 91,6%. Sedangkan pada pernyataan negatif menunjukkan bahwa nilai persentasenya adalah 89,2%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan model TPCS pada materi seni lukis dinyatakan valid dan praktis.


Full Text:

PDF

References


Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Fauzan, H. (2019). Model Pembelajaran Dalam Berbagai Pendekatan. 136.

Febry Hidayanto, S. N. N. (2016). Pengembangan Modul Fisika Sma Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengoptimalkan Karakter Peserta Didik. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 9(1), 24–29.

Funali, M. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kolaborasi Pada Siswa Kelas V SDN I Siboang. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(1), 57–80.

Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas: Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 2580–3069.

Hendri, Z. & Wulandari, D. (2022). Seni Rupa Anak & Pembinaannya Perspektif Wacana Kreativitas dan Pedagogi Kreatif. Yogyakarta: Cantrik Pustaka.

Kurniawati, J. (2021). Definisi Perencanaan Pembelajaran. Researchgate.Net, March, 1–4.

https://www.researchgate.net/profile/J ulia-

Kurniawati/publication/350100338_D EFINISI_PERENCANAAN_PEMBELAJARAN/links/6050df8e92851cd8c e482492/DEFINISI- PERENCANAAN- PEMBELAJARAN.pdf

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/ nusantara

Marfuah, M. (2017). Improving Students’ Communications Skills Through Cooperative Learning Models Type Jigsaw. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 148.

https://doi.org/10.17509/jpis.v26i2.83 13

Mukminan, F. N. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tps Dan Nht Terhadap Hasil Belajar Sejarah Di Sma Negeri Kabupaten Temanggung. SOCIA: Jurnal Ilmu- Ilmu Sosial, 13(2). https://doi.org/10.21831/socia.v13i2.1 2570

Sulastianto, H., Tambrin, I., Tarjo, E., Karyati, D., Supratna, N.,

Sukmayadi, Y., & Barnas, B. (2006). Seni Budaya.

Suryanto, D. (2005). Etika Penelitian. Berkala Arkeologi, 25(1), 17–22. https://doi.org/10.30883/jba.v25i1.90 6

Widodo, S., & Wardani, R. K. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking And Problem Solving, Creativity And Innovation) Di Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 185–197.




DOI: https://doi.org/10.21831/sungging.v2i1.60584

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/sungging.v2i1.60584.g19661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 shandra novia edsantrika, Dwi Wulandari


Creative Commons License
Jurnal Sungging is published by Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging

 

Our Journal has been Indexed by: 

 
 

Supervised by: