Pengembangan Identitas Visual Brand Wavymilk di Sukabumi

Ipey Agnia Da'on, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Zulfi Hendri, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) Menghasilkan pengembangan brand logo yang sesuai dengan karakteristik perusahaan Wavymilk, (2) Menghasilkan identitas visual brand Wavymilk yang sesuai dengan karakteristik perusahaan Wavymilk, dan (3) Mengetahui kelayakan brand logo Wavymilk dengan cara melakukan penilaian terhadap logo yang sudah dikembangkan oleh ahli media. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), Hasil dari penelitian ini menghasilkan berupa (1) logo brand UMKM Wavymilk, (2) buku graphic standard manual logo Wavymilk, dan (3) hasil penilaian kelayakan logo oleh ahli media. Logo yang dikembangkan memiliki konsep jenis logo kombinasi dengan gaya modern minimalis, gelombang yang merupakan objek utama pada pengembangan logo ini akan dikombinasikan dengan huruf W dan M, logo baru yang dirancang tentunya berdasarkan karakteristik dan latar belakang perusahaan, logo dibuat menggunakan software Adobe Illustrator cc2020. Hasil penilaian yang dilakukan oleh tiga ahli memperoleh presentase kelayakan 93.9% yang dikategorikan sangat layak.


Keywords


Logo;Brand;visual identity

Full Text:

PDF

References


Angela Oscario. (2013). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Brand. Jakarta Barat. BINUS University.

Beatrice C. H., dkk. (2014). Pengaruh brand identity terhadap timbulnya brand preference dan repurchase intention pada merk toyota. Jurnal Strategi Pemasaran.

Cindy Fransisca Tingkir. (2014). Pengaruh Identitas Merek terhadap Loyalitas Merek Melalui Citra Merek dan Kepercayaan Merek Toyota. Surabaya. Universitas Kristen Petra.

Denny Wirawan. Dkk. (2019). Perancangan Brand Identity Band Cool and the Gang. Jurnal Imajinasi vol. XIII No. 1.

Dewi, dkk. (2020). Pengaruh Identitas Merek terhadap Loyalitas Konsumen Samsung Smartphone. Ciamis. Universitas Galuh.

Kusrianto. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.

Kotler.(2009). Manajemen Pemasaran 1.Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga

Kotler dan Keller. (2012), Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta : Erlangga.

Musay, F. P. (2013). Pengaruh Brand Image terhadap keputusan Pembelian. Malang. Universitas Brawijaya.

Pambudi M., dkk. (2016). Pengaruh iklan dan word of mouth terhadap Brand Awareness Traveloka. Bali. Universitas Udayana.

Supriyadi, dkk. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. Malang. Universitas Merdeka Malang.




DOI: https://doi.org/10.21831/sungging.v2i1.60553

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/sungging.v2i1.60553.g20001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ipey Agnia Da'on, Zulfi Hendri


Creative Commons License
Jurnal Sungging is published by Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging

 

Our Journal has been Indexed by: 

 
 

Supervised by: