Pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatakan kreativitas dan motivasi belajar siswa jurusan Kriya Logam dan Perhiasan SMK

Paryono - Paryono, SMK Negeri 3 Tasikmalaya, Indonesia

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas XI Program Kerajinan Logam dan Perhiasan SMK Negeri 3 Tasikmalaya memiliki kreativitas yang relatif rendah dalam pembuatan desain kreatif dan inovatif serta memiliki motivasi belajar yang kurang dikarenakan penggunaan metode pembelajaran yang didominasi dengan metode konvensional, sehingga siswa kurang mampu. termotivasi, dan tentunya kurang menggunakan aplikasi media berbasis teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan daya kreatifitas peserta didik dengan menggunakan model Project Based Learning memlalui pendekatan metode Demontrasi, diskusi, Lembar Kerja Peserta Didik mengimplikasikan WAG  ( Whatshapp Group ) dan Googleform untuk memudahkan informasi kepada peserta didik kelas XI Program Keahlian Kerajinan Logam dan Perhiasan, SMK Negeri 3 Tasikmalaya di era dunia digital saat ini.

 

Penelitian ini terdiri dari beberapa siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan instrumen berupa lembar observasi dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan tes melalui Googleform dan  assesmen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Project Based Learning dengan metode diskusi, tanya jawab dan penugasan pada siswa kelas XI Program Kerajinan Logam dan Perhiasan  SMK Negeri 3 Tasikmalaya menunjukkan peningkatan hingga nilai yang tinggi.

 

Kata kunci: Project Based Learning, Kriya, Desain inovatif.


Keywords


Project Based Learning, Kriya, Desain inovatif.

Full Text:

PDF

References


Heryadi, Dedi. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Pusbill.

KBBI. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia: Pustaka Utama.

Mujika Al. Sulistyanta,.(2018). Dekorasi Dan Kethok Pembentukan kelas XI jilid 1 SMK/MAK. Jakarta: Direktur Pembinaan SMK Kepala Sub Direktorat Kurikulum Kepala Seksi Penilaian Kepala Seksi Pembelajaran.

Santosa, Dwi Tri dan Tawardjono Us. (2016). Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar dan Solusi Penanganan pada Peserta didik Kelas XI. Jurnal Symetry. https://jounal.student.uny.ac.id/index.php/otomotifs1/article/view/2896/2504

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Lampiran Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor: 464/D.D5/KR/ 2018 tanggal 30 Agustus 2018 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran muatan nasional (A), muatan kewilayahan (B), dasar bidang keahlian (C), dasar program keahlian (C2), dan kompetensi keahlian (C3). Jurnal Symetry. https://repositori.kemdikbud.go.id/18248/1/Muatan_Nasional_A.pdf

Wulandari, D. (2019). Advantages and challenges of the open-ended approach in nurturing creativity. In K. Astuti, G. McPherson, B. Sugeng, N. Kurniasari, T. Herawan, C. Drake, Ashadi, E. Retnowati, & A. C. Pierewan (Eds.), Proceedings of 21st Century Innovation in Music Education (INTERCOME 2018) (pp. 468–474). Routledge. https://doi.org/10.1201/9780429024931




DOI: https://doi.org/10.21831/sungging.v2i1.57843

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/sungging.v2i1.57843.g20850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Paryono,S.Sn - Paryono


Creative Commons License
Jurnal Sungging is published by Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging

 

Our Journal has been Indexed by: 

 
 

Supervised by: