Penerapan instagramable interior design di café Meekow

Yasmin Fitria Nopayati, Universitas Negeri Yogyakarta
Dwi Retno Sri Ambarwati, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep penerapan instagramable interior design di café Meekow Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian nya yaitu manager, staff atau karyawan, pengamat interior dan pengunjung café Meekow sedangkan objeknya yaitu café Meekow yang terkait dengan interior design yang instagramable. Tempat penelitian dilakukan di café Meekow Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur pada bulan Februari  hingga September 2022. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis adanya penerapan instagramabale interior design di café Meekow yaitu observasi, wawancara terstruktur, dokumentasi dan angket tertutup. Kemudian untuk memperkuat keabsahan data dipergunakan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemanfaatan platform instagram oleh café Meekow dalam strategi pemasarannya dirasa cukup efektif mengingat jumlah pengguna instagram yang ada di Lombok semakin meningkat. Keefektifan penggunaan instagram ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang memilih café Meekow sebagai tempat untuk menghabiskan waktu luang mereka serta dianggap memiliki desain yang lebih kekinian dibanding café lain dan layak dijadikan sebagai background foto untuk dibagikan pada instagram mereka sehingga sering diistilahkan sebagai café yang instagramable. 2) Instagramable merupakan istilah yang belakang ini dipergunakan para pengguna instagram untuk menyebutkan suatu hal yang sedang eksis di instagram baik itu yang berkaitan dengan tempat wisata, gaya desain dan lain sebagainya yang memang layak dibagikan di instagram. Desain instagramable sendiri merupakan salah satu konsep desain yang dinamis karena dapat disesuaikan dengan perkembangan zaman. Artinya konsep desain yang instagramable tidak berpatokan pada satu jenis desain saja dan bersifat universal.

Keywords


desain instagramable, interior design, café Meekow.

Full Text:

PDF

References


Alimuddin, Ansyahruddin. 2015. Analisis Desein Interior Perpustakaan Sebagai Sarana Edukasi Pada Perpustakaan Masjid Al-Markaz Al-Islami Makassar. Skripsi. Makassar: UIN Alauddin Makassar.

Goodstats. 2022. Apa Alasan Utama Masyarakat Indonesia Menggunakan Media Sosial?.https://goodstats.id/article/apa-alasan-utama-masyarakat-indonesia-menggunakan-media-sosial-nxvod, diakses tanggal 07 November pukul 14.12.

Goodstats. 2022. Daftar Media sosial yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia 2022. https://goodstats.id/infographic/media-sosial-yang-paling- banyak-digunakan-di-indonesia-2022-JpfD1, diakses tanggal 07 November pukul 15.00.

Idea Grid. Manfaatkan Tekstur pada Dinding untuk Ciptakan Empat Hal Ini. https://idea.grid.id/read/092312284/manfaatkan-tekstur-pada-dinding-untuk- ciptakan-empat-hal ini?page=all. diakses tanggal 9 September 2022.

Irawan, Bambang dan Priscilla Tamara. 2013. Dasar-Dasar Desain Untuk Arsitektur, Seni Rupa, Desain Produk Industri Dan Desain Komunikasi Visual. Jakarta: Griya Kreasi.

Meisight. 2020. What does “Instagrammable” mean?. https://Meisight.com/what-does-Instagrammable-mean/, diakses tanggal 6 September 2022

Ningrum, Sekar Jati. Elemen Estetis Pada Ruang Arsitektur (Ruang Luar Dan Ruang Dalam). http://lib.ui.ac.id/opac/themes/green/detail.jsp?id=20245788&lokasi=lokal diakses tanggal 13 Mei pukul 22.41.

Pinhome. Apa Itu Industrial?. https://www.pinhome.id/kamus-istilah- properti/industrial/ diakses tanggal 09 Juli 2022 pukul 08.11.

Rahayu, Ni Nyoman Sri . 2015. Menata Ruang Sempit Agar Terlihat Lebih Luas. Jurnal Desain Interior Vol. II No. 1. https://www.icreate.id, diakses tanggal 23 Mei 2022 pukul 18.54.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Pinhome. Apa Itu Industrial?. https://www.pinhome.id/kamus-istilah- properti/industrial/ diakses tanggal 09 Juli 2022 pukul 08.11.

Wicaksono, Andie A. dan Endah Tisnawati. 2014. Teori Interior. Cibubur, Jakarta Timur: Griya Kreasi (Penebar Swadaya Grup).

Zulkifli, Harahap dkk. 2021. Bisnis Resto Minim Risiko. Malang: Inteligensia Media.

Wulandari, D., Halim, M. A., Firmansyah, R., Astuti, M. Y., & Tranggana, W. L. (2022). Relevansi pemahaman komposisi nirmana terhadap kemampuan penyusunan ruang tepat guna dalam desain interior. Sungging: Jurnal Seni Rupa, Kriya, Desain dan Pembelajarannya 1(1): 19-31.




DOI: https://doi.org/10.21831/sungging.v1i2.57561

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/sungging.v1i2.57561.g19283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yasmin Fitria Nopayati, Dwi Retno Sri Ambarwati


Creative Commons License
Jurnal Sungging is published by Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging

 

Our Journal has been Indexed by: 

 
 

Supervised by: