Pengembangan puzzle edukasi protokol kesehatan pada masa pandemi covid-19 untuk anak usia dini

Avivudin Avivudin, Digital Printing KB 10 Warna
Eni Puji Astuti, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan kurangnya pemahaman anak mengenai protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media puzzle edukasi protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19 untuk anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development). Penelitian ini menggunakan tiga tahap pengembangan. Tahap pertama studi pendahuluan, meliputi analisis kebutuhan dan studi literatur. Tahap kedua pengembangan produk, meliputi perancangan desain, pembuatan flowchart, storyboard, pengumpulan bahan pendukung, produksi media puzzle, dan pengemasan produk. Tahap ketiga uji coba produk. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan tiga subjek yaitu ahli media, ahli materi dan uji coba lapangan terbatas. Hasil penelitian ini menunjukkan media puzzle dengan konsep perminan jigsaw puzzle bermuatan materi protokol Kesehatan 3M yang dikembangkan layak untuk digunakan dan dari uji coba lapangan terbatas anak-anak dapat memahami protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Abidin. (2009). Teori-teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik deskrpsi dan tinjauan kritis. Bandung: Nusa Media.

Arikunto, Suharsimi, & Safruddin A.J, Cepi.( 2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asrori, M. (2003), Perkembangan Peserta Didik, Malang: Wineka Media.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish-Grup Penerbitan CV. Budi Utama.

Hanisha, Febrina,. Hutama, Krishna., & Affendi Yusuf. (2018). Bahasa Visual, Gambar Anak, dan Ilustrasi pada Cergam Anak. Jurnal Seni & Reka Rancang. 1(1), 63-82.

Ismail. (2006). Education Games. Yogyakarta: Pilar Media.

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Situasi Terkini Perkembangan Coronavirus Disease (COVID-19). Media Informasi Resmi Penyakit Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan.

Rosanti, Sinthia., & Yakop Romario. (2020). Pendidikan Kesehatan Dengan Media Puzzle Efektif Meningkatan Perilaku Hand Higyene Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 2(2).

Rustan, Surianto. (2009). Layout Dasar dan Penerapannya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Soebachman, A. (2012). Permainan asyik bikin anak pintar. Yogyakarta: IN AzNa Books.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Supriyono, Rahmat. (2010). Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset. Jurnal Pendidikan Seni Rupa. 4(3) 502–508.

Suryadi. (2007). Cara Efektif Memahami Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta: EDSA Mahkota.

Wardani, Anita., & Ayriza, Yulia. (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772-782.

Wulandari, D., Naibaho, L. S., Putri, L. A., Kirana, B. M. S., Ardhianto, D. G., Haidar, A. (2022) Pelaksanaan Pembelajaran Seni Rupa di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus TK/RA Ma’Arif Candran. Jurnal Pendidikan Anak 11(1), 40-51.




DOI: https://doi.org/10.21831/sungging.v1i1.54537

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/sungging.v1i1.54537.g18665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Avivudin Avivudin, Eni Puji Astuti


Creative Commons License
Jurnal Sungging is published by Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging

 

Our Journal has been Indexed by: 

 
 

Supervised by: