PENGARUH MOTIVASI WISATAWAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI KAWASAN MONUMEN NASIONAL (MONAS)
Imam Ardiansyah, Universitas Bunda Mulia, Indonesia
Abstract
Monumen Nasional (Monas) merupakan landmark Indonesia yang berpusat di kota Jakarta dan merupakan salah satu warisan cagar budaya. Ada beberapa hal yang mempengaruhi wisatawan untuk datang berkunjung, salah satu hal yang diteliti oleh peneliti adalah motivasi wisatawan, dikarenakan penulis melihat bahwa terdapat dimensi lain dalam motivasi wisatawan yang berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seluruh dimensi dalam motivasi wisatawan terhadap keputusan berkunjung baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Berdasarkan hasil dari penelitian ini adalah terdapat tiga dimensi dalam motivasi wisatawan yang berpengaruh secara parsial terhadap keputusan berkunjung yaitu motivasi fisik dengan nilai Thitung sebesar 2,951, motivasi interpersonal dengan nilai Thitung sebesar 2,673, dan motivasi fantasi dengan nilai Thitung sebesar 2,478 , dan terdapat satu dimensi yang tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung yaitu motivasi budaya dengan nilai Thitung sebesar – 0,254, sedangkan secara keseluruhan atau simultan motivasi wisatawan berpengaruh terhadap keputusan berkunjung didapatkan nilai Fhitung sebesar 22,036. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat 48,1% dari variabel keputusan berkunjung yang dipengaruhi oleh variabel motivasi wisatawan, sedangkan 0,519 atau dalam persentase 51,9% dipengaruhi oleh beberapa faktor atau variabel lain diluar variabel penelitian yang diteliti, seperti aksesibilitas, daya tarik, promosi, dan lain sebagainya. Saran untuk pihak Kawasan Monumen Nasional (Monas) adalah diharapkan dapat terus memanfaatkan, mengembangkan fasilitas untuk masyarakat yang sudah ada, dan memberi wadah bagi generasi muda untuk ikut andil dalam kegiatan yang diadakan Kawasan Monumen Nasional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aulia, A. R., & Yulianti, A. L. (2019). Pengaruh City Branding “a Land of Harmony” Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung Ke Puncak, Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) 1,2, 3(3), 71. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss1.pp67
Creswell, J. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Ethika, T. D. (2016). PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASIS BUDAYA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 10 TAHUN 2009 DI KABUPATEN SLEMAN. JURNAL KAJIAN HUKUM.
Meiliana, S., & Dewantara, Y. F. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Layanan Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Nusantara Ke Museum Sumpah Pemuda. Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 3(2). https://doi.org/10.30813/fame.v3i2.2486
Rizki, D., Muksin, M., & Administrasi, F. I. (2018). Wisatawan Di Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya. 55(1), 196–203.
Sari, L. P. P. S., & Zuraida, L. (2019). Motivasi Wisatawan Mancanegara Berwisata Ke Ubud, Kabupaten Gianyar. Jurnal Kepariwisataan, 18(1), 45–55.
Sudirman, A. . (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. PT. Grafindo Indonesia.
Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Yulita, H. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Pariwisata Terhadap Keputusan Untuk Berkunjung. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 2(2), 165–183.
DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v20i1.64560
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Viony Tan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.
eISSN : 2549-9475 | pISSN : 18295797
SOCIA is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Suported by:
View My Stats