Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Adat Kampung Naga Sebagai Alternatif Sumber Belajar
Abstract
Tujuan penelitian yaitu 1)Mengetahui sejarah dan karakteristik kearifan lokal masyarakat Kampung Naga; 2)Memperoleh nilai-nilai kearifan lokal yang dapat diintegrasikan dalam mata pelajaran IPS; 3) Menjadikan kearifan lokal pada Masyarakat Kampung Naga sebagai alternatif sumber belajar IPS. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yaitu 1) Masyarakat Kampung Naga memiliki kearifan lokal terkait dengan kepemimpinan, interaksi sosial, dan tata cara hidup; 2) nilai-nilai kearifan lokal di dalamnya meliputi kepedulian lingkugan, kerjasama, konsisten, kreativitas, kemandirian, kebersamaan, kesederhanaan, dan tanggungjawab; 3) nilai-nilai kearifan lokal tersebut dapat diintegrasikan dalam materi mata pelajaran di kelas VII dan VIII, sehingga masyarakat Kampung Naga dapat menjadi alternatif sumber belajar IPS.
Kata kunci: Pembelajaran IPS, Kearifan Lokal, Sumber Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/socia.v10i1.5338
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.
eISSN : 2549-9475 | pISSN : 18295797
SOCIA is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Suported by:
View My Stats