Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan PBL Berbantuan Powerpoint Pada Siswa SMPN 1 Gemolong Kabupaten Sragen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: aktivitaspembelajaran IPS melalui penerapan problem based learning (PBL) berbantuan PowerPoint, dan hasil belajar IPS siswa SMPN 1 Gemolong Kabupaten Sragen.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjekpenelitian adalah siswa kelas VIIIC SMPN 1 Gemolong Kabupaten Sragen.Jenis tindakan yang diterapkan adalah pembelajaran dengan pendekatan PBL berbantuan powerpoint. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Analisis ini untuk menjelaskan perkembangan proses pembelajaran dan hasil belajar sebelum dan setelah diterapkan pembelajaran dengan PBL.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan menerapkan PBL berbantuan powerpoint: 1) terjadi peningkatan aktivitas pembelajaran sebesar 57% pada siklus I, dan 5% pada siklus II; 2) terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 57,58% pada siklus I, dan 6,06% pada siklus II; 3) terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar 36,37% pada siklus I, dan 12,12% pada siklus II; dan 4) peningkatan sikap dan keterampilan kerja sama kelompok sebesar 24,24% pada siklus II.
Kata Kunci: hasil belajar, pembelajaran IPS, Problem Based Learning, media PowerPointFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/socia.v11i1.5291
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.
eISSN : 2549-9475 | pISSN : 18295797
SOCIA is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Suported by:
View My Stats