Analisis Muatan Pendidikan Karakter Buku Teks IPS SMP di Kota Surakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengungkap: (1) muatan pendidikan karakter yang tersaji dalam materi buku teks IPS SMP di Kota Surakarta, (2) kesesuaian nilai-nilai karakter yang diintegrasikan dalam buku teks dengan peta nilai untuk siswa SMP berdasarkan bahan pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa, dan (3) kesesuaian pendekatan pendidikan karakter dalam buku teks dengan pendekatan komprehensif. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten inferensial. Fokus penelitiannya adalah muatan pendidikan karakter pada materi IPS yang disajikan dalam buku teks IPS SMP kelas VII semester 1 di Kota Surakarta. Teknik analisis konten melibatkan tiga orang rater yang dibekali dengan pedoman lembar analisis muatan pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga buku teks memuat pendidikan karakter berupa nilai-nilai karakter, yang disajikan secara eksplisit dan implisit. Hasil analisis menunjukkan bahwa muatan pendidikan karakter dalam ketiga buku teks berkategori kurang memadai dengan rerata sebesar 31,33%.
Kata kunci: pendidikan karakter, buku teks IPS
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/socia.v11i1.5289
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.
eISSN : 2549-9475 | pISSN : 18295797
SOCIA is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Suported by:
View My Stats