IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEJUJURAN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM PERKULIAHAN DI JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI UNY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) peningkatan nilai-nilai kejujuran dan 2) peningkatan nilai-nilai tanggung jawab mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi yang mengambil mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Geografi (PPG) tahun ajaran 2010/2011 semester genap sejumlah 60. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi. Analisi data dilakukan dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan nilai-nilai kejujuran, dan 2) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan nilai-nilai tanggung jawab.
Kata kunci: kejujuran, tanggung jawab, pembelajaran berbasis masalah
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/socia.v11i1.3748
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.
eISSN : 2549-9475 | pISSN : 18295797
SOCIA is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Suported by:
View My Stats