INDIGENEOUSASI SEBAGAI DASAR PENDIDIKAN KARAKTER PADA EARLY CHILDHOOD EDUCATION (ECE)

Nelva Rolina *,

Abstract


Masa usia dini merupakan masa keemasan (golden age), di mana dalam otaknya terdapat ribuan neuron yang sedang terkoneksi satu sama lain. Dengan demikian, perlu stimulasi yang tepat dan benar dalam tumbuh kembangnya. Bila salah dalam menstimulasi, akan mempengaruhi maksimalnya tumbuh kembang anak, termasuk stimulasi dalam pembentukan karakternya. Karakter itu sendiri merupakan jaIan hidup yang berkembang melalui nilai dan keyakinan serta tidak bersifat universal (Agbenyega, 2011). Berhubungan dengan sifat karakter yang tidak universal, tentu lah bangsa Indonesia memiliki karakter yang khusus dan berbeda dibanding negara lain, yaitu berbudi luhur, cerdas, dan beragama. Pembentukan karakter pada pendidikan anak usia dini (early childhood education/ECE) tentulah sangat penting mengingat masa ini sangat mudah untuk distimulasi. Bila karakter “baik" (sesuai budaya bangsa Indonesia) tidak dibentuk sejak dini, tentu saja karakter tersebut tidak akan tertanam dengan baik (terpatri) dalam diri seseorang. Namun, perlu pengkajlan bagaimana membentuk karakter dalam ECE yang sesuai dengan budaya bangsa Indonesia, dalam hal ini indigeneousasi pada ECE. Adapun yang dapat dijadikan acuan dalam pembentukan karakter pada ECE melalui indigeneousasi ini adalah falsafah yang dikemukakan oleh ahli pendidikan Indonesia (Ki Hajar Dewantara). Melalui falsafah yang berbunyi ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, dan tut wuri handayani, pembentukan karakter pada ECE dilaksanakan. Dengan demikian, indigeneousasi berupa falsafah yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara dapat dijadikan sebagai dasar pendidikan karakter pada ECE.

Kata kunci: indigeneousasi, pendidikan karakter, ECE


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v11i02.3623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo


View My Stats