Pengaruh micro teaching dan kegiatan ekstrakurikuler terhadap pembentukan karakter tanggung jawab mahasiswa

Muhammad Arif Al-Fikri, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Program Pacasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Marzuki Marzuki, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Program Pacasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh micro teaching dan kegiatan ekstrakurikuler terhadap pembentukan karakter tanggung jawab mahasiswa Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Negeri Yogyakarta. Jenis penelitian ini ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian yaitu 54 mahasiswa yang sudah menempuh mata kuliah micro teaching sekaligus juga mengikuti kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan karakter tanggung jawab mahasiswa. Sumbangan efektif micro teaching sebesar 34,6%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa terhadap pembentukan karakter tanggung jawab mahasiswa. Sumbangan efektif kegiatan ekstrakurikuler sebesar 10,4%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan micro teaching dan kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa secara bersama-sama terhadap pembentukan karakter tanggung jawab, ditunjukkan dengan nilai F hitung (20,823) lebih besar dari F tabel (3,18) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, dengan sumbangan efektif sebesar 45,0%.

Keywords


micro teaching, ekstrakurikuler, tanggung jawab

Full Text:

DOWNLOAD FULL TEXT

References


Asmani, J. M. (2010). Pengenalan dan pelaksanaan lengkap micro teaching dan team teaching. Yogyakarta: Diva Press.

Austad, C. A. (1972). Personality correlates of teacher performance in a micro-teaching laboratory. The Journal of Experimental Education, 40(3), 1–4.

Bundick, M. J. (2011). Extracurricular activities, positive youth development, and the role of meaningfulness of engagement. The Journal of Positive Psychology, 6(1), 57–74.

Cogan, J., & Derricott, R. (Ed.). (1998). Citizenship for the 21st century: an international perspective on education. London: Kogan Page.

Eccles, J. S., Barber, B. L., Stone, M., & Hunt, J. (2004). Extracurricural activities and adolescent development. Journal of Social Issues, 59(4), 865–889.

Feldman, A. F., & Matjasko, J. L. (2005). The role of school-based extracurricular activities in adolescent development: A comprehensive review and future directions. Review of Educational Research, 75(2), 159–210. https://doi.org/10.3102/00346543075002159

Hamalik, O. (2007). Dasar-dasar pengembangan kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hamalik, O. (2010). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Keser, F., Akar, H., & Yildrim, A. (2011). The Role of Extracurricular Activities in Cybersecurity Education. Journal Curriculum Studies, 43(6), 809–837. Diambil dari https://www.cerias.purdue.edu/nace/papers/Dunn.pdf

Lickona, T. (2009). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. New York: Bantam Books.

Narvaez, D., & Lapsley, D. K. (2008). Teaching moral character: Two Alternatives for teacher education. The Teacher Educator, 43(2), 156–172. https://doi.org/10.1080/08878730701838983

Nuci, L., Narvaez, D., & Krettenauer, T. (Ed.). (2014). Handbook of moral and character education (2 ed.). New York: Routledge.

Reed, C. L. (1970). The effect of microteaching, directive and non-directive lectures on achievement and attitudesin a basic educational psychology course. The effectof mode of feedback in microteaching. Washington, D.C: American Educational Research Association.

Spears, L. C. (2010). Character and servant leadership: Ten character of effetive, caring leader. The Journal of Virtues & Leadership, 1(1), 25–30.

Thamrin. (2012). Karakter budaya akademik dan hubungannya dengan prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi FE Universitas Negeri Medan. JURNAl MEDIASI, 4(1), 26–35.

Winarni, S. (2013). Integrasi pendidikan karakter dalam perkuliahan. Jurnal Pendidikan Karakter, III(1), 95–107. https://doi.org/10.21831/JPK.V0I1.1291




DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v15i1.22668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo

 

View My Stats