Penerapan metode debat pro dan kontra untuk meningkatkan proses pembelajaran PPKn

Yuliati Yuliati, Guru PPKn SMA N 3 Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan membangun keaktifan belajar untuk meningkatkan hasil belajar melalui metode debat pro dan kontra pada peserta didik kelas XI IPA 3 SMA 3 Bantul. Penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung saat pembelajaran dan tes. Analisis pengolahan data kuantitatif dengan tes dari persentase ketuntasan. Data kualitatif dengan observasi peserta didik dalam menyampaikan pendapat, menanggapi pertanyaan, menghormati pendapat dan kerja sama. Indikator keberhasilan didasarkan pada rerata persentase peningkatan keaktifan 85% peserta didik dengan hasil belajar mencapai ketuntasan belajar ≥ 76. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode debat pro dan kontra dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. Hal ini dilihat dari peningkatan rerata hasil belajar PPKn dari 73,33 sebelum tindakan, meningkat menjadi 75 pada siklus I dan mencapai 85,42 pada siklus II.

Keywords


debat; pro-kontra; PPKn

Full Text:

DOWNLOAD FULL TEXT

References


Arpannudin, I., Abdulkarim, A., & Bestari, P. (2015). Pengaruh media video dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PKn terhadap sikap antikorupsi siswa di SMAN 8 Bandung. CIVICUS, 19(1), 57–72.

Dharma, S. (2012). Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan (Studi research and development di SMP Pasundan 1 Bandung). Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Hamalik, O. (2010). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurdin, M. (2016). Penerapan metode debat aktif untuk meningkatkan kemampuan berdiskusi mahasiswa dalam pembelajaran Konsep Dasar PKn di PGSD UPP Bone FIP UNM. Jurnal Publikasi Pendidikan, VI(1), 1–7.

Ruslan, R. (2003). Metode penelitian PR dan komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo.

Sanjaya, W. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Tilaar, H. A. R. (2013). Media pembelajaran aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Winataputra, U. S. (2001). Jatidiri Pendidikan Kewarganegaraan sebagai pendidikan demokrasi. Disertasi. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Winataputra, U. S. (2014). Diskursus aktual tentang paradigma Pendidikan Kewarganegaraan dalam konteks kurikulum 2013. In Seminar Nasional AP3KNI (hal. 1–12). Surakarta: AP3KNI dan Universitas Negeri Sebelas Maret.




DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v15i1.20800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo


View My Stats