PENGARUH MINAT BACA, WAKTU BELAJAR, SARANA PRASARANA DAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PKN

Dodik Kariadi, Sunarso,

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis hal-hal yang mempengaruhi hasil belajar PKn siswa baik secara parsial maupun secara simultan. Dalam penelitian ini ditetapkan empat hal yang diduga berpengaruh terhadap hasil belajar PKn adalah minat baca, waktu belajar, sarana prasarana dan kemampuan mengajar guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex- post facto. Populasi penelitian 1260 siswa dan sampelnya 275 siswa kelas VII. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Hasil analisis regresi linear minat baca menunjukkan bahwa nilai r = 0,857, waktu belajar pagi menunjukkan bahwa nilai r = 0,827, waktu belajar siang menunjukkan nilai r = 0,622, sarana prasarana menunjukkan nilai r = 0,866 dan kemampuan mengajar guru menunjukkan nilai r = 0,845. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan nilai R sebesar 0,952; F sebesar 652,044 yang berarti secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PKn dengan sumbangan efektif sebesar 90,60%.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v13i2.12572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL SOCIA



SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo


View My Stats