IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERWAWASAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF GUNA MENGEMBANGKAN SIKAP RAMAH LINGKUNGAN DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Kana Hidayati, Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNiversitas Negeri Yogyakarta
Elly Arliani, Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNiversitas Negeri Yogyakarta
Heri Retnawati, Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNiversitas Negeri Yogyakarta
Isnaeni Isnaeni, SMA Muhammadiyah I Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika dan mengembangkan sikap ramah lingkungan pada siswa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta melalui pembelajaran matematika berwawasan lingkungan dengan pendekatan kooperatif serta mengetahui respons siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Kegiatan penelitian dilakukan melalui penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus pada kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Kegiatan siklus I meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Kegiatan siklus II merupakan tindak lanjut dan modifikasi dari siklus I. Pengumpulan data dilakukan menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, soal kuis dan tugas, serta angket respons siswa. Pendekatan kooperatif dalam penelitian ini menggunakan tipe Student Teams-Achievement Divitions (STAD) dan dilakukan pada materi Peluang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan pembelajaran matematika berwawasan lingkungan dengan pendekatan kooperatif tipe STAD terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi Peluang dan dapat mengembangkan sikap ramah lingkungan pada siswa. Kegiatan pembelajaran matematika tersebut dilakukan dengan tahapan–tahapan sebagai berikut: (1) Class Presentation (Presentasi Kelas), (2) Team Study, (3) Quizzes (Kuis), dan (4) Reward (Penghargaan kelompok). Respons siswa terhadap kegiatan pembelajaran baik dan siswa merasa semakin peduli dengan lingkungannya dan semakin mengerti bahwa matematika ternyata sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari para siswa.  Kata kunci :  Pembelajaran kooperatif, berwawasan lingkungan, hasil belajar, sikap                        ramah    lingkungan 

Full Text:

PDF

References


Anita,Lie. 2005. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Erman,S., Turmudi, Suryadi, D., Herman,T., Suhendra, Prabawanto, S., Nurjanah Rohayati, A. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Dirjen Dikdasmen. 2002. Peduli,Buletin Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup,Edisi 4 -Mei 2002, Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikdasmen-Proyek PKLH.

Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning: Theory, Research and Practise. Boston: Allyn and Bacon.

Swan, J.A. & Stapp, W.B. 1974. Environment Education: Strategic Toward a More Liveable Future. New York: John Wiley & Sons.

Yusuf, M. 2000. Pendidikan Kependudukan & Etika Lingkungan.Yogyakarta: Lembaga Studi dan Inovasi Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v4i1.685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika indexed by:


Creative Commons License Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.

All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X

Visitor Number:

View Pythagoras Stats