IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERWAWASAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF GUNA MENGEMBANGKAN SIKAP RAMAH LINGKUNGAN DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Kana Hidayati,
Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNiversitas Negeri Yogyakarta Elly Arliani,
Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNiversitas Negeri Yogyakarta Heri Retnawati,
Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNiversitas Negeri Yogyakarta Isnaeni Isnaeni,
SMA Muhammadiyah I Yogyakarta
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika dan mengembangkan sikap ramah lingkungan pada siswa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta melalui pembelajaran matematika berwawasan lingkungan dengan pendekatan kooperatif serta mengetahui respons siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Kegiatan penelitian dilakukan melalui penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus pada kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Kegiatan siklus I meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Kegiatan siklus II merupakan tindak lanjut dan modifikasi dari siklus I. Pengumpulan data dilakukan menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, soal kuis dan tugas, serta angket respons siswa. Pendekatan kooperatif dalam penelitian ini menggunakan tipe Student Teams-Achievement Divitions (STAD) dan dilakukan pada materi Peluang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan pembelajaran matematika berwawasan lingkungan dengan pendekatan kooperatif tipe STAD terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi Peluang dan dapat mengembangkan sikap ramah lingkungan pada siswa. Kegiatan pembelajaran matematika tersebut dilakukan dengan tahapan–tahapan sebagai berikut: (1) Class Presentation (Presentasi Kelas), (2) Team Study, (3) Quizzes (Kuis), dan (4) Reward (Penghargaan kelompok). Respons siswa terhadap kegiatan pembelajaran baik dan siswa merasa semakin peduli dengan lingkungannya dan semakin mengerti bahwa matematika ternyata sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari para siswa. Kata kunci : Pembelajaran kooperatif, berwawasan lingkungan, hasil belajar, sikap ramah lingkungan
Erman,S., Turmudi, Suryadi, D., Herman,T., Suhendra, Prabawanto, S., Nurjanah Rohayati, A. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Dirjen Dikdasmen. 2002. Peduli,Buletin Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup,Edisi 4 -Mei 2002, Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikdasmen-Proyek PKLH.