Perbedaan Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika dan Metode Permainan Kartu terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian Dasar Siswa Sekolah Dasar
Nurul Pebriyanti, Departemen Pendidikan Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang bervariasinya penggunaan metode pembelajaran yang digunakan pendidik sehingga berdampak pada rendahnya keterampilan berhitung perkalian dasar yang dimiliki siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pengaruh penggunaan metode jarimatika dan metode permainan kartu terhadap keterampilan berhitung perkalian dasar siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent pretest and posttest Control Group Desain. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II Sekolah Dasar berumur antara 8 – 9 tahun yang belum mempelajari materi perkalian, tetapi sudah mempelajari materi pertambahan sebanyak 40 orang Siswa yang ditentukan melalui teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kedua metode ini memiliki pengaruh yang sama dalam meningkatkan keterampilan berhitung perkalian dasar Siswa dilihat dari selisih hasil pretes dan posttest yang diperoleh yaitu sebesar 24,05 dan 25,6 . Kemudian, hasil perolehan gainscore yang diperoleh keduanya berada pada tingkat interpretasi sedang yaitu 0,55 dan 0,59. Dapat disimpulkan bahwa metode jarimatika dan metode permainan kartu tidak memberikan pengaruh yang berbeda dalam meningkatkan keterampilan berhitung perkalian dasar pada siswa sekolah dasar dan pengaruh keduanya sama-sama berada pada tingkat interpretasi sedang, sehingga kedua metode ini dapat menjadi alternatif solusi bagi pendidik untuk dapat diterapkan dalam proses pembelajaran materi perkalian dasar yang akan dilaksanakan guna meningkatkan keterampilan berhitung perkalian dasar siswa.
This research is motivated by the lack of variety in the use of learning methods used by educators, which has an impact on the low basic multiplication calculation skills of students. Therefore, this research was conducted with the aim of finding out whether or not there is a difference in the influence of using the Jarimatika method and the card game method on elementary school students' basic multiplication counting skills. This research uses a quasi-experimental type of experimental method with a Nonequivalent pretest and posttest Control Group Design. The population and sample in this study were class II elementary school students aged between 8 - 9 years who had not studied multiplication material, but had studied addition material as many as 40 students who were determined using the Purposive Sampling technique. The research results obtained show that these two methods have the same effect in improving students' basic multiplication numeracy skills as seen from the difference in pretest and posttest results obtained, namely 24.05 and 25.6. Then, the gainscore results obtained by both were at a medium interpretation level, namely 0.55 and 0.59. It can be concluded that the Jarimatika method and the card game method do not have a different influence in improving basic multiplication counting skills in elementary school students and the influence of both is at a moderate level of interpretation, so that these two methods can be an alternative solution for educators to be applied in the process of learning basic multiplication material that will be carried out in order to improve students' basic multiplication calculation skills.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriani, D., Fardila, A., & Septian, G. D. (2019). Penggunaan metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 2(5), 191–196. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.24
Afrizal, A. S. (2018). Aplikasi pembelajaran jarimatika interaktif berbasis multimedia untuk pendidikan sekolah dasar. Jurnal TIPS: Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Politeknik Sekayu, 8(1), 11–22. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:217154653
Amalia, D. R., Chan, F., & Sholeh, M. (2022). Analisis kesulitan siswa belajar operasi hitung perkalian pada pembelajaran matematika di kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 945–957. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4549
Astuti, D., Noviyanti, F. E., & Pangestika, R. R. (2019). Keterampilan perkalian matematika melalui rutinitas menghafal lima belas menit untuk kelas III sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), 1(1), 54 – 63. http://seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/1232
Bintoro, H. S. (2015). Pembelajaran matematika sekolah dasar menggunakan metode jarimatika pada materi perkalian. prosiding konferensi nasional penelitian matematika dan pembelajarannya. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta: 7 Maret 2015. Hal. 72 – 84. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/6001/72_84%20HENDRY%20SURYO.pdf?sequence=1
Charli, L., Amin, A., & Agustina, D. (2018). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal fisika pada materi suhu dan kalor di kelas X SMA Ar-risalah Lubuklinggau tahun pelajaran 2016/2017. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 1(1), 42 – 50. https://doi.org/10.31539/joeai.v1i1.239
Dani, F. F., & Badarudin, B. (2022). Analisis learning obstacle siswa pada materi luas bangun datar persegi dan persegi panjang di kelas IV. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 203–219. http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v5i2.7317
Fakhiroh, Z. (2021). Upaya meningkatkan hasil belajar materi perkalian cara bersusun pendek menggunakan metode drill di kelas III SD Negeri 1 Lungbenda. ARJI: Action Research Journal Indonesia, 3(4), 252 – 263. https://doi.org/10.61227/arji.v3i4.50
Fakhrina, A., Ayu, M. D. K., & Pangestika, R. R. (2020). Keterampilan berhitung menggunakan media angka berantai untuk kelas 1 SDIT Ulul Albab 2 Purworejo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2. Purworejo: 21 Maret 2020. 612 – 621. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:229148572
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. Jurnal At-Tafkir, XI(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Gani, F. A. (2017). Penerapan teori bruner untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SD Al-Khairaat 1 Palu pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan berbeda penyebut. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 186 – 196. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:149229398
Hasanah, H., N., & Pratiwi, V. (2013). Penerapan metode koopratif menggunakan kartu kalino untuk meningkatkan kemampuan menghapal perkalian pada siswa kelas III SD Terpadu Muhammadiyah 1 Besuki Situbondo. Jurnal IKA PGSD: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 1(1), 62–80. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/334
Herman, T., Karlimah., & Komariah. (2007). Bahan Ajar Mandiri: Pendidikan Matematika 1. Bandung: UPI PRESS.
Himmah, K., Asmani, J. M., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas metode jarimatika dalam meningkatkan keterampilan berhitung perkalian siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Mi/SD, 1(1), 57–68. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.270
Indah, R. P. (2015). Efektivitas metode jarimatika untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa sekolah dasar kelas III. Duta.com: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi, 8(2). https://ojs.udb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/578
Indiastuti, T. (2021). Pengaruh metode jarimatika perkalian pada pelajaran matematika terhadap hasil belajar MIN 1 Madiun. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 2(3), 137–143. https://siducat.org/index.php/isej/article/view/318
Liping Tong, Jie Yang, Xue Han, & Loren Velasquez (2014) The card game 24 and its application to math education, International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 45(4), 624-633, DOI: https://doi.org/10.1080/0020739X.2013.868544
Meilani, M., & Maspupah, A. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah SD pada materi KPK dan FPB. Journal On Education, 2(1), 25 – 35. https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.264
Miftahuddin, M., & Arofah, F. (2020). Pengembangan permainan kartu hitung sebagai media pembelajaran perkalian pada siswa kelas IV. Inopendas: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.24176/jino.v3i1.4525
Muthma’innah, M. (2022). Kesulitan belajar matematika materi bangun datar siswa sekolah dasar. Ta’diban: Journal of Islamic Education, 2(2), 74 – 82. https://doi.org/10.61456/tjie.v2i2.77
Novianti, D. E., Indriani. A., & Puspananda, D. R. (2020). Kartu perkalian sebagai alternatif metode pembelajaran perkalian pada siswa SD. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 173–181. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i2.5185
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022
Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2, 1 – 10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Rahmawanti, K., Sundari, S., Sutama, S., Ishartono, N., Waluyo, M., Sunaryo, I., Cahyo, A. N. (2021). Penggunaan kartu perkalian sebagai media pembelajaran matematika di masa pandemi. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 135 – 143. https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/15697
Rahmi, H. (2012). Meningkatkan kemampuan pengoprasian perkalian melalui metode horizontal bagi anak tunarungu. E-JUPEKhu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 112–125. https://doi.org/10.24036/jupe8410.64
Sitio, T. (2017). Penerapan metode jarimatika untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 1 SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 146 – 156. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/4097
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Suriyah, P., et al. (2018). Media pembelajaran inovatif house of multiplication bagi siswa SDN Sidorejo sebagai upaya hitung cepat perkalian. J-ADIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(2), 50–56. https://doi.org/10.29100/j-adimas.v6i2.881
Suyati, S. (2015). Peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika operasi hitung perkalian dengan metode permainan kartu. Jurnal Paradigma, 2(1), 1–12. https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/paradigma/article/view/900/655
Syafri, F. S. (2016). Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Matematika
Udayana, Y. (2020). Meningkatkan hasil belajar operasi hitung perkalian menggunakan metode permainan kartu bilangan pada siswa kelas III SD Negeri Pabelan 2. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 3(4), 522 – 527. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.53394
DOI: https://doi.org/10.21831/pythagoras.v18i2.65725
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika indexed by:
Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.
All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X