Mengembangkan Strategi dan Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Matematik

E Elvis Napitupulu, Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan, Indonesia

Abstract


Pemecahan masalah menempati posisi sentral dan merupakan satu bentuk belajar terpenting dalam matematika. Untuk memecahkan masalah, dituntut kemampuan anak memilih dan menerapkan strategi yang sesuai, menggunakan pengetahuan siapnya, di samping memanfaatkan pengalaman memecahkan masalah sebelumnya. Namun fakta di lapangan menunjukkan kemampuan pemecahan masalah di seluruh jenjang sekolah di Indonesia masih rendah. Guru sebagai pengajar dan instruktur di kelas punya kesempatan untuk dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak. Kemampuan itu dapat berkembang bila anak melihat bagaimana berbagai masalah dipecahkan dengan beragam strategi dan dan diberi pula kesempatan memecahkan bermacam masalah sambil membangun pengetahuan baru baginya.


Keywords


masalah matematika; pemecahan masalah; strategi pemecahan masalah

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Armanto, D. 2002. Teaching Multiplication and Division Realistically in Indonesian Primary Schools: A Prototype of Local Instructional Theory. Dissertation, University of Twente. Enschede: Print Partners Ipskamp.

Branca, N.A. 1980. Problem Solving as a Goal, Process, and Basic Skill. Dalam Krulik, S. (ed). Problem Solving ini School Mathematics. 1980 Yearbook. Reston, VA: NCTM.

Darhim. 2004. Pengaruh Pembelajaran Matematika Kontekstual Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Siswa Sekolah Dasar Kelas Awal Dalam Matematika. Disertasi, tidak diterbitkan. Bandung: PPS UPI.

Depaepe, F. et al. 2002. Collaborative Learning Of Mathematical Problem Solving and Problem Posing Supported By 'Webknowledge Forum': A Design Experiment. [Online]. Tersedia: http://portal.acm.org/citation.cfm [12 Desember 2007].

Depdiknas. 2006. Permendiknas No.22 tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Depdiknas.

Fauzan, A. 2002. Applying Realistic Mathematics Education in Teaching Geometry in Indonesian Primary Schools. Doctoral Dissertation, University of Twente, Enschede, The Netherlands.

Goos, M., Galbraith, P., & Renshaw, P. 1999. A Money Problem: A Source of Insight into Problem Solving Action. [Online]. Tersedia: http://www.cimt. plymouth.ac.uk/journal/pgmoney.pdf

Killen, R. 1998. Effective Teaching Strategies, 2nd Ed. Social Science Press, Katoomba,

NSW.

Koichu, B., Berman, A., & Moore, M. 2006. Patterns Of Middle School Students’ Heuristic Behaviors In Solving Seemingly Familiar Problems. Dalam Proceedings of the 30th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education [Online], vol.3, pp. 457-464. Tersedia: http:// www. emis.de/proceedings/PME30 [1 Desember 2007].

NCTM. 2000. Principle and Standards for School Mathematics. Reston: Viginia.

Österholm, M. 2005. A Reading Comprehension Perspective on Problem Solving [Online]. Tersedia: http://www.mai.liu.se/SMDF/madif5/papers/ Oster-holm.pdf. [1 Desember 2007].

Polya, G. 1985. How to Solve It. 2nd Ed. New Jersey: Princeton University Press

Reys, R.E. et al. 1998. Helping Children Learn Mathematics. 5th. ed. Needham Heights: Allyn & Bacon.

Ruseffendi, H. E. T. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembang-kan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Schoenfeld, A.H. 1980. Heuristic in The Classroom dan Krulik, S. (Ed). Problem Solving in School Mathematics. Reston, Virginia: NCTM

Shadiq, F. 2007. Laporan Hasil Seminar dan Lokakarya Pembelajaran Matematika 15 – 16 Maret 2007 di P4TK (PPPG) Matematika. Yogyakarta.

Tien, C-J., Chu, S-T., and Lin Y-D. 2005. Four Phases to Construct Problem-Based Learning Instruction Materials dalam Poikela & Poikela (Eds). PBL in Context – Bridging Work and Education. Tampere University Press.

Wilson, J.W. et al. 2007. Mathematical Problem Solving [Online]. Tersedia: http://jwilson.coe.uga.edu [10 Desember 2007].

Zulkardi. 2001. Realistic Mathematics Education (RME). Teori, Contoh Pembelajaran dan Teman Belajar di Internet. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional pada tanggal 4 April 2001 di UPI: Tidak diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v4i2.557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika indexed by:


Creative Commons License Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.

All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X

Visitor Number:

View Pythagoras Stats