Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan PISA Konten Space and Shape ditinjau dari Adversity Quotient
Abi Suwito, Universitas Jember, Indonesia
Fina Rohmatul Ummah, Universitas Jember, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amirullah, Mulbar, U., & Djam’an, N. (2019). Deskripsi kesulitan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari adversity quotient. Issues in Mathematics Education, 3(1), 22–29.
Arifin, Z., Kurniasih, N., & Kurniawan, H. (2018). Kemampuan metakognisi siswa climber dalam memecahkan masalah matematika soal PISA. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan.
Artiah, & Untarti, R. (2017). Pengaruh model reciprocal teaching terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 6 Purwokerto. AlphaMath Journal of Mathematics Education, 3(1).
Cahyono, H. (2018). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dengan pendekatan saintifik pada materi himpunan ditinjau dari tipe adversity quotient (AQ) Siswa. Aksioma, 9(1).
Darojat, L., & Kartono. (2016). Kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal open ended berdasarkan AQ dengan learning cycle 7E. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Fuad, Moh. N. (2016). Representasi matematis siswa SMA dalam memecahkan masalah persamaan kuadrat ditinjau dari perbedaan gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 145–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.5854
Hijriani, L., Rahardjo, S., & Rahardi, R. (2018). Deskripsi representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal PISA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(5), 603–607. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Mahendra, N. R. (2019). Kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari adversity quotient pada pembelajaran SAVI. Universitas Negeri Semarang.
Mena, A. B., Lukito, A., & Siswono, T. Y. E. (2016). Literasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari adversity quotient (AQ). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 187–198. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.6756
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles Standards and for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Rahmadian, N. M., Mulyono, & Isnarto. (2019). Kemampuan representasi matematis dalam model pembelajaran somatic, auditory, visualization, intellectually (SAVI). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 287–292. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Santia, I. (2018). Analisis kemampuan literasi matematis siswa SMP berdasarkan motivasi belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 8185.
Stoltz, P. G. (2000). Adversity Quotient: Turning Obstacles into Opportunities. John Wiley & Sons.
DOI: https://doi.org/10.21831/pythagoras.v17i2.47686
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika indexed by:
Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.
All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X