Development of Mathematics E-Book on Pythagorean Theorem Material
Destiniar Destiniar, Department of Mathematics Education, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
Ety Septiati, Department of Mathematics Education, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, F. R., & Kustijono, R. (2019). Pengembangan e-book fisika menggunakan sigil untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Inovasi Pendidikan Fisika,8(1),465-469.https://core.ac.uk/download/pdf/230674143.pdf
Anggraini, Y. D. (2020). Pengembangan media pembelajaran e-book novelmatika untuk meningkatkan pemahaman konsep statistika. Jurnal Amanah Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 35-48. https://media.neliti.com/media/publications/318397-the-development-of-learning-media-novelm-47e7186d.pdf
Aspriyani, R., & Suzana, A. (2020). Pengembangan e-modul interaktif materi persamaan lingkaran berbasis realistic mathematics education berbantuan geogebra. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1099-1111. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3123
Bayani, A. (2019). Pengembangan e-book matematika berbasis masalah pada materi kubus dan balok SMP/MTS kelas VIII.JPM:Jurnal Pendidikan Matematika,5(1), 7-15.http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v5i1.2625
Bukhori, B. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan PBL berorientasi pada penalaran matematis dan rasa ingin tahu.PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika,13(2), 133-147. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.21169
Branch, R. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US.Putra, I. S. (2020).Improve student’s learning using media for understanding and interest in pythagorean theorem learning. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.30736/vj.v2i2.222
Darlen, R. F., Sjarkawi, & Lukman, A. (2015). Pengembangan e-book interaktif untuk pembelajaranfisika SMP. Tekno-Pedagogi: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1),13-23. https://online-journal.unja.ac.id/pedagogi/article/view/2282
Fitrianna, A. Y., Priatna, N., & Dahlan, J. A. (2021). Pengembangan model e-book interaktif berbasis pembelajaran induktif untuk melatihkan kemampuan penalaran aljabar siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1562-1577. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/653
Haviz,M. (2013).Research and development;penelitian di bidang pendidikan yang inovatif, poduktif dan bermakna. Ta'dib,16(1). http://dx.doi.org/10.31958/jt.v16i1.235
Ibrahim. (2018). Metode Penelitian Kualitatif.Bandung: Alfabeta.Iqbal, Muhammad., Latifah, Sri., & Irwandani. (2019). Pengembangan video blog (Vlog) channel YouTube dengan pendekatan stem sebagai media alternatif pembelajaran daring. Jurnal Kelitbangan, 135-148. https://www.semanticscholar.org/paper/Pengembangan-Video-Blog-(Vlog)-Channel-Youtube-Stem-Irwandani-Iqbal/b4000ef46a9c0d41b5b2e61deb460da3b7076f42.
James Ohene-Djan, & Fernandes A. A. A.(2003). Personalising Electronik Books. Journal of Digital Information, 3(4).https://journals.tdl.org/jodi/index.php/jodi/article/view/jodi-103
Kawiyah, S. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar siswa.PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika,10(2), 201-210. https://doi.org/10.21831/pg.v10i2.9163
Khomsiatun, S., & Retnawati , H. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika,2(1), 92 -106.https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7153
Mentari, D., Sumpono, S., & Ruyani, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran e-book berdasarkan hasil riset elektroforesis 2-d untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif Mahasiswa.PENDIPA Journal of Science Education,2(2), 131-134. https://doi.org/10.33369/pendipa.2.2.131-134.
Nesri, F. D.P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan modul ajar berbantuan teknologi untuk mengembangkan kecakapan abad 21 siswa. AKSIOMA:Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika,9(3),480-492. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/viewFile/2925/pdf
Nuryati, N., Anggoro, B. S., & Putra, R. W. Y. (2021). Pengembangan bahan ajar elektronik bilangan bulat dan pecahan berbasis Alqurun teaching model.AL KHAWARIZMI:Jurnal Pendidikan Matematika,1(1), 50-59. https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/KJPM/article/view/293
Pinahayu, E. A.R., Auliya, R. N., & Adnyani, L.P.W. (2018). Implementasi aplikasi Wingeom untuk pengembangan bahan ajar diSMP. Jurnal PKM:Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2),112-121. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/viewFile/2544/1906
Prabowo, A., & Heriyanto, H. (2013). Analisis pemanfaatan buku elektronik (e-book) oleh pemustaka di perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 152-161. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/3123
Purwati, D., Nurmaningsih, N., & Oktaviana, D. (2021). Pengembangan buku ajar elektronik interaktif berbantuan Google Slide dan Quizizz dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan,12(2), 266-273. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/viewFile/4966/2888
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using learning media to increase learning motivation in elementary school. Anotalian Journal of Education, 4(2), 53-60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a
Putra, Y. Y., & Saputra,A. (2018). Pengembangan blog support mata kuliah statistika pendidikan perguruan tinggi STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung.JPPM(Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika),11(2), 179-192. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3764
Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.Riduwan, & Akdon. (2013). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika.Bandung: Alfabeta.Ruddamayanti. (2019). Pemanfaatan buku digital dalam meningkatkan minat baca. In Prosiding Seminar Nasional Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/viewFile/2750/2550
Santi, D., Sugiarti, T., & Kristiana, A. I. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika realistik pada pokok bahasan lingkaran kelas VIII SMP.KadikmA,6(1). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/1831
Saputra, H. N., & Salim, S. (2020). Penerapan bahan ajar berbasis keterampilan berpikir kritis. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 7(1), 22-46. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1078
Siswono, T.Y. (2019). Paradigma Penelitian Pendidikan Pengembangan Teori dan Aplikasi Pendidikan Matematika.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.Smeda, A. M., Shiratuddin, M. F., & Wong, K. W. (2014). Proposed framework of the adoption of e-book amongst mathematics and statistics students at universities in Libya. Scientific Confrence. https://researchrepository.murdoch.edu.au/id/eprint/22904/1/universities_in_libya.pdf.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.21831/pythagoras.v17i1.44968
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika indexed by:
Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.
All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X