Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching ditinjau dari kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi bangun datar segiempat

Trini Andira, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Budi Santoso, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Muhammad Yusup, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Sriwijaya, Indonesia

Abstract


Penalaran matematis merupakan salah satu aspek penting yang sangat dibutuhkan peserta didik dalam mempelajari matematika. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik, salah satunya dengan penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dan kemampuan penalaran matematis peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi bangun datar segiempat di kelas VII. Subjek penelitian ini adalah 34 peserta didik kelas VII.5 yang berasal dari SMP Negeri 13 Palembang. Data dikum­pulkan menggunakan observasi dan tes. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data hasil observasi kegiatan peserta didik pada saat diterapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan data hasil tes untuk melihat kemampuan penalaran matematis peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Reci­procal Teaching. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil pene­litian menun­jukkan bahwa (1) keaktifan peserta didik selama diterapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching berada pada kategori “sangat aktif” dengan persentase rata-rata 88,71%; (2) kemampuan penalaran matematis peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching berada pada kategori “cukup” dengan rata-rata skor sebesar 67,89.

Kata kunci: Pembelajaran Reciprocal Teaching, penalaran  matematis, pembelajaran matematika

 

Applying of reciprocal teaching-learning model viewed from students’ mathematical reasoning on the quadrilateral matter

 

Abstract

The mathematical reasoning was one of the important aspects that students need in learning mathematics. Various efforts have been made to improve students’ mathematical reasoning skills, one of which was the application of the Reciprocal Teaching learning model. This research was a quantitative descriptive research that aims to explain the process of learning implementation and student’s mathematical reasoning ability by using the Reciprocal Teaching learning model on the quadrilateral matter in class VII. The subjects of this research were 34 students of class VII.5 from SMP (Junior High School) Negeri 13 Palembang, South Sumatera, Indonesia. Data were collected using observations and tests. The data obtained in this research were the observation data of students activities when applied the Reciprocal Teaching learning model and the test results data to see students’ mathematical reasoning abilities after applying the Reciprocal Teaching learning model. The results of research showed that (1) student activity during applying the Reciprocal Teaching learning model was in the “very active” category with an average percentage of 88.71%; (2) students’ mathematical reasoning abilities after applying the Reciprocal Teaching learning model was in the “enough” category with an average score of 67.89.


Keywords


pembelajaran reciprocal teaching; penalaran matematis; pembelajaran matematika; reciprocal teaching learnig; mathematical reasoning ability; learning of mathematics

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Andalusia, R. (2011). Pengaruh pendekatan konstruktivisme pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik Sekolah Menegah Atas. Tesis Magister tidak dipublikasikan. Palembang: Universitas Negeri Sriwijaya.

Angela, V. (2013). Pengaruh pendekatan pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah menengah pertama negeri 40 Ogan Komering Ulu. Tesis Magister tidak dipublikasikan. Palembang: Universitas Negeri Sriwijaya.

Annisah, A., Zulkardi, Z, & Darmawijoyo, D. (2011). Pengembangan soal-soal model PISA pada konten quantity untuk me­ngukur kemampuan penalaran matematis peserta didik di SMP 1 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1-15.

Apino, E., & Retnawati, H. (2017, February). Developing instructional design to improve mathematical higher order thinking skills of students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 812, No. 1, p. 012100). IOP Publishing.

Falach, H. N. (2016). Perbandingan keefektifan pendekatan problem solving dan problem posing dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 136-148. doi: 10.21831/pg.v11i2.10635

Firdaus, M., Darma, Y., & Haryadi, R. (2014). Kemampuan penalaran matematis dan motivasi mahapeserta didik calon guru melalui model reciprocal teaching. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 2(1), 1-12.

Jailani, J., Sugiman, S., & Apino, E. (2017). Implementing the problem-based learning in order to improve the students’ HOTS and characters. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 247-259. doi:10.21831/ jrpm.v4i2.17674

Kawedar, W. P. (2013). Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan segitiga peserta didik kelas VII-C SMP Negeri 2 Kepanjeng. Skripsi Sarjana tidak dipublikasikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kemendikbud (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 sekolah menengah pertama/ madrasah tsanawiyah.

Kemendikbud (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 tentang penilaian hasil belajar oleh pendidik dan satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

NCTM (2000). Principles and standars for school mathematics. Reston, VA. Author.

Nurhayati, N. (2012). Pengembangan bahan ajar turunan fungsi melalui pendekatan konstruktivisme di sekolah menengah atas (SMA). Tesis Magister tidak dipublikasi­kan. Palembang: Universitas Sriwijaya

Palinscar, A. S., & Brown, A. L. (1986). Reciprocal teaching. Retrieved from: http://www.ncrel.org/sdrs/areas/issue/students/atrisk/at6lk38.htm

Putri, R. I. (2011). Upaya meningkatkan komunikasi matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan reciprocal teaching dengan model pembelajaran kooperatif di kelas VIII-D SMP Negeri 4 Magelang. Skripsi Sarjana tidak dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from: http://eprints.uny.ac.id/2181/

Rahman, R (2014). Pengaruh penggunaan metode discovery terhadap kemampuan analogi matematika peserta didik SMK Al-Ikhsan Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 3(1), 33-58.

Rahman, S. A. (2015). Pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi lingkaran. Skripsi Sarjana tidak diterbitkan. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Sardiyanti, R. (2010). Penerapan model pembe­lajaran terbalik (reciprocal teaching) untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika peserta didik. Skripsi Sarjana tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sugiman, & Apino, E. (2017, May). Silent method for mathematics instruction: An overview of teaching subsets. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1848, No. 1, p. 040015). AIP Publishing.

Sulistyani, N., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran bangun ruang di SMP dengan pendekatan problem-based learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 197-210.

Sulistyowati, Y., & Sugiman, S. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran bangun ruang di SMP dengan pendekatan creative problem solving. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 219-232. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/ index.php/pythagoras/article/view/9082

Suparni, S. (2016). Model pembelajaran reciprocal teaching kaitannya dengan kemam­puan komunikasi matematika peserta didik. Logaritma, 4(1), 110-124.

Syah, M. (1995). Psikologi pendidikan suatu pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10. doi: 10.21831/ jrpm.v4i1.10066

Widiastuti, W., & Santosa, R. (2014). Pengaruh metode inkuiri terhadap ketercapaian kompetensi dasar, rasa ingin tahu, dan kemampuan penalaran matematis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 196-204. Retrieved from http://journal.uny .ac.id/index.php/pythagoras/article/view/9080




DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v13i1.16579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika indexed by:


Creative Commons License Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.

All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X

Visitor Number:

View Pythagoras Stats