Professional competence of school counselors in guidance and counseling services
Luthvia Zahiro Baiti, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Nandang Budiman, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustianingsih, S. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Guru BK Terhadap Kualitas Pelaksanaan Konseling Kelompok. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(3), 55-61.
American School Counselor Association. (2015). Professional Standards. In Internal Audit Reports Post Sarbanes-Oxley (pp. 166–221). https://doi.org/10.1002/9781119196693.app1.
Aminah, S., Purnama, S. D., Suwarjo, & Rahman, F. (2021). Analisis Dampak Pelatihan Peningkatan Kompetensi Layanan Konseling Kelompok pada Guru BK SMA Se Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(September), 169–179.
Dina, F. (2016). Pengaruh Profesionalisme Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Pengembangan Pribadi Sosial Siswa di MAN 4 Aceh Besar.
Cholil, C. (2019). Manajemen BK Komprehensif:(Studi layanan Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 1 Cisarua Bandung Barat). Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 9(1), 91-97.
Awalya, A., Anggraini, W., Susilawati, S., & Nugroho, I. S. (2019, December). Competence of Guidance and Counseling Teachers (counselors) of junior and senior high schools in Semarang Regency and Semarang City. In 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019) (pp. 318-321). Atlantis Press.
Erlangga, E., Sugiyo, & Supriyo. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Berpengaruh Terhadap Kinerja Guru Bkmelalui Motivasi Kerja. Jurnal Bimbingan Konseling, 04(02), 72–79. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/9847/6297.
Hadi, S. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling di Sdlb Kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 8(1). https://doi.org/10.34010/jipsi.v8i1.877
Hanifah, U. (2017). Kompetensi Profesional Guru Bk dalam Implementasi Asesmen Bk Pada Guru Bk di SMA Favorit Kota Banda Aceh. Jurnal Suloh, 2(1), 16–21. http://dx.doi.org/10.1016/j.tws.2012.02.007.
Ilham, F. (2016). Tingkat Pemahaman Kode Etik Profesi BK Guru BK di SMP Negeri Se Kelompok Kerja Kabupaten Bantul. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(11), 487. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipbk/article/view/4769.
Kartiko, O. D. C., Hartati, M. T. S., & Saraswati, S. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Konselor Di Sma Negeri Se- Kota Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Indonesian Journal Of Guidance And Counseling: Theory And Application, 6(3), 60–66. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk.
Khairiah, Yusrizal, & Khairuddin. (2017). Kompetensi Profesional Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Pengelolaan Program Layanan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 17 Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 5(2), 110– 115.
Kurniasari, E. (2016). Tingkat Penguasaan Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(7), 38–49.
Lestari, M., Wibowo, M. E., & Supriyo. (2017). Kompetensi Profesional Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling), 1(1), 14–26. https://doi.org/10.30631/jigc.v1i1.2.
Malik, A. A., & Kurniawan, K. (2018). Tingkat Pemahaman Konselor Tentang Kompetensi Professional dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. In Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 4(2), pp. 30–36).
Nabilla, A. A., Anggita, I., Robiulkhair, I., Kaserero, S., & Rahman, D. H. (2023). Professional Competence of School Counselor in Providing Guidance and Counseling Service at School. In International Conference on Educational Management and Technology. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-95-4.
Naqiah, Y. Z. (2021). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Mgmp Smpn Satu Atap Cibitung Kabupaten Bekasi. Jurnal Pedagogiana, 8(84), 133–140. https://doi.org/10.47601/ajp.37.
Nugraha, S. (2022). Profesionalisme Guru BK Dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Ramadhan, M. (2019). Kompetensi Profesional Guru Bimbingan Konseling di MTsS Alwashliyah Tembung.
Rosa, S. (2014). Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 7 Padang. In Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang.
Rosa, S. S., Marjohan, M., & Said, A. (2016). Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru Bimbingan dan Konseling. Konselor, 3(1), 7. https://doi.org/10.24036/02014312974- 0-00.
Setyanti, E. (2020). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru yang Bersertifikasi. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 60-77.
Sari, N., & Hartati, M. T. S. (2017). Kinerja Konselor Ditinjau dari Kompetensu Profesional di SMA Negeri Se-Kabupaten Batang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 2(4), 56–64. journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk.
Sujuti, S. R. (2022). Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru dalam Menyusun Program Melalui Bimbingan dan Pelatihan dengan Metode Workshop di MGBK. Manajerial: Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(2).
Suprihatin. (2018). Kompetensi Profesional Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling), 1(20), 14–26.
Suryani, R., Br Terigan, E., Pangesty, H. A., Putri, K. A., & Tarigan, W. A. (2023). Kompetensi Guru BK SMA Negeri 10 Medan dalam Memahami Kode Etik Profesionalisme Seorang Guru Bimbingan dan Konseling Rina. AS- SYAR ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 5(2), 286–292. https://doi.org/10.47476/assyari.v5i2.2555.
Saputra, S. Y., Puji Sugiharto, D. Y., & Awalya, A.. (2021). The Effect of Principal's Leadership and Professional Competency on The Performance of School Counselors. Jurnal Bimbingan Konseling, 10(3), 161-167.
Supriyanto, A., Hartini, S., Irdasari, W. N., Miftahul, A., Oktapiana, S., & Mumpuni, S. D. (2020). Teacher professional quality: Counselling services with technology in Pandemic Covid-19. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(2), 176-189.
Syafitri, D. (2019). Penerapan Kode Etik Guru BK Sebagai Landasan Dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di MTS. Negeri 3 Medan Helvetia.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. 1(2).
Umari, T., & Yakub, E. (2018). Analisis Kompetensi Profesional Guru Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jurnal PPKn & Hukum, 13(2), 135–145.
Wardhani, N. S., Farida, E., & Yudha, E. S. (2019). Profil Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Bimbingan dan Konseling SMA di Kota Bandung. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(2), 147–154. https://doi.org/10.30653/001.201932.63.
DOI: https://doi.org/10.21831/progcouns.v5i1.64247
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Supervised by:
Our journal indexed by:
ISSN 2722-6581 (print) || ISSN 2722-2012 (online)
ProgCouns Stats