WISATA “LIVE IN”: UPAYA PEMBINAAN PELAJAR SMADENGAN PENDEKATAN WISATA KULTURALBERBASIS KEARIFAN LOKAL
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untukmendidik pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) mengetahui tentang kebudayaan dankearifan lokal di Dusun Tritis, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo. Di sampingitu, peserta juga berperan sebagai bagian dari keluarga, sehingga mereka mengikutiaktivitas-aktivitas yang ada pada keluarga tersebut. Penelitian ini meliputi dua tahap, yaitupenelitian lapangan dengan wawancara secara mendalam sebelum dan sesudah kegiatanWisata Live In. Wawancara dilakukan terhadap 12 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa atau pelajar SMA Negeri 8 Yogyakarta,karena SMA tersebut merupakan salah satu sekolah favorit dan melihat latar belakangkeluarga yang terdiri dari golongan ekonomi menengah ke atas, dan sebagain besar merekaberasal dari lingkungan perkotaan. Objek penelitian adalah kultur masyarakat yang masihlekat dengan kebudayaan lokalnya, yaitu Dusun Tritis, Kecamatan Samigaluh, KabupatenKulonprogo, Provinsi DIY.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hal-hal positif dari kegiatan Wisata LiveIn. Dengan adanya kegiatan ini peserta (anak kota) dapat mengikuti segala aktivitas yangberada di desa tersebut atau keluarga tersebut. Mereka belajar memahami tentangkehidupan di desa yang menurut mereka agak sedikit susah, jika dibandingkan dengankehidupan mereka di kota. Dari kegiatan ini mereka belajar tentang kebersamaan,kesederhanaan, dan keramahan, sehingga mereka bisa memetik dan mengambil pelajarantentang kearifan lokal yang ada di dusun yang terletak di perbatasan antaraKulonprogo,Purworejo, dan Magelang. Peserta berharap agar kegiatan Wisata Live In iniditerapkan dan menjadi program khusus pada saat liburan di sekolah-sekolah khususnyaSMA, sehingga peserta mendapatkan hal positif dari kegiatan tersebut.Kata Kunci: Wisata Live In, Kearifan Lokal, pembinaan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.