MODEL SEKOLAH BERBASIS BUDAYA DI SMP NEGERI 3 BANGUNTAPAN BANTUL

Nur Astri Mitayani , Ratna Suwanli, Muhammad Imron Wijaya,

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui deskripsi model sekolah berbasis budaya di SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul dan mengetahui implementasi nilai karakter dan budaya yang dibangun sekolah terhadap siswa dan seluruh warga sekolah SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis deskriptif kualitatif. Adapun subyek penelitian adalah warga sekolah SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul, dengan pemilihan sampel purposive sample. Setting waktu akan dilaksanakan selama 4 bulan mulai bulan Mei hingga Agustus 2015. Cara pengambilan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi data. Hasil penelitian diperoleh bahwa program sekolah berwawasan lingkungan yang diterapkan oleh SMP Negeri 3 Banguntapan meliputi: 1) Memasukkan budaya adiluhung Yogyakarta dalam pembelajaran secara monolitik, integratif, dan melalui kegiatan ekstrakurikuler. 2) Penataan lingkungan sekolah yang menunjukkan budaya Yogyakarta: Pemasangan wayang di setiap kelas, slogan-slogan Bahasa Jawa, mural batik dan budaya Yogyakarta di dinding dan gapuro, tulisan sugeng rawuh, membangun gazebo taman joglo, membuat ruangan untuk pajangan/museum hasil budaya khas Yogyakarta. 3) Melakukan kegiatan pembiasaan untuk menanamkan budaya Yogyakarta sehingga budaya Yogyakarta akan terinternalisasi dan teraktualisasi dalam perilaku peserta didik dan warga sekolah. 4) Meningkatkan peran serta siswa, tenaga pendidik dan kependidikan serta orang tua siswa dalam pengembangan budaya dengan infak “labuh budaya” setiap pasaran Kliwon.
Kata Kunci: berbasis budaya, karakter, Kliwon

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Flag Counter