PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERFORMANCEPRISM PADA PT TUNAS DWIPA MATRA

Anisa Tri Bintarti, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerjaPT Tunas Dwipa Matra yang diukur denganmetode Performance Prism pada periode Januarisampai dengan Juli 2012. Pengukuran kinerjadengan metode Performance Prism ini terdiri darilima perspektif, yaitu stakeholder satisfaction(kepuasan stakeholder), stakeholder contribution(kontribusi stakeholder), strategy (strategi), process(proses), dan capability (kapabilitas).Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif baikkualitatif maupun kuantitatif. Subjek yang ditelitidalam penelitian ini adalah seluruh stakeholderyang terlibat dalam PT Tunas Dwipa Matra yangterdiri dari manajemen, karyawan, pemasok,pelanggan, mitra, dan pemerintah. Objek dalampenelitian ini adalah aktivitas kinerja pada PT TunasDwipa Matra yang diukur dengan metode PerformancePrism pada periode Januari sampaidengan Juli 2012. Penelitian ini menggunakanmetode AHP (Analytical Hierarchy Process)yang dianalisis dengan bantuan metode OMAX(Objective Matrix) dan Traffic Light System.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja PTTunas Dwipa Matra terukur dari 31 KPI (Key PerformanceIndicators). Pengukuran kinerja yang dilakukanmenghasilkan (1) Kinerja PT Tunas DwipaMatra jika diukur dari indikator Stakeholder Satisfactionmenunjukkan hasil empat KPI beradapada kategori hijau, dua KPI berada pada kategorikuning, satu KPI berada pada kategori merah.(2) Kinerja PT Tunas Dwipa Matra jika diukurdari indikator Stakeholder Contribution menunjukkanhasil dua KPI berada pada kategori hijau, satuKPI berada pada kategori kuning, dan lima KPIberada pada kategori merah. (3) Kinerja PT TunasDwipa Matra jika diukur dari indikator Strategymenunjukkan hasil Dua KPI berada pada kategorihijau, dua KPI berada pada kategori kuning, dansatu KPI berada pada kategori merah. (4) KinerjaPT Tunas Dwipa Matra jika diukur dari indikatorProcess menunjukkan hasil tiga KPI berada padakategori hijau, dua KPI berada pada kategorikuning, tidak ada KPI pada indikator Process yangberada pada kategori merah. (5) Kinerja PT TunasDwipa Matra jika diukur dari indikator Capabilitymenunjukkan hasil dua KPI berada pada kategorihijau, tidak ada KPI yang berada pada kategorikuning, tiga KPI berada pada kategori merah.Kata kunci: performance prism, AHP, KPI

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/nominal.v1i1.987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anisa Tri Bintarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Archive, Citation & Indexing:

   


 

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.