PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP SIKAP ETIS MAHASISWA AKUNTANSI (Studi Empiris Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta)

Akhdan Nur Said, Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Diana Rahmawati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Kecerdasan Intelektual terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi, (2) Kecerdasan Emosional terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi, (3) Kecerdasan Spiritual terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi, dan (4) Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual secara bersama-sama  terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2014 dan 2015 program studi akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Uji prasyarat analisis meliputi uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kecerdasan Intelektual berpengaruh positif terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi FE UNY, (2) Kecerdasan Emosional berpengaruh positif terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi, (3) Kecerdasan Spiritual berpengaruh positif terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi, dan (4) Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.19357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Akhdan Nur Said, Diana Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Archive, Citation & Indexing:

   


 

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.