CULTURAL ISSUES IN ENGLISH FOR SPECIFIC BUSINESS PURPOSES (ESBP)
Abstract
Artikel ini menganut definisi budaya sebagai segala bentuk yang mengatur perilaku seseorang. Budaya umumnya bersifat abstrak dan dalam kehidupan sehari-hari dapat berwujud sebagai suatu nilai, norma, keyakinan, sikap ataupun perilaku. Budaya umumnya mewarnai setiap tindak komunikasi seseorang, termasuk juga dalam tindak komunikasi bisnis. Hal inilah yang mendasari mengapa Business English menarik untuk dikaji, karena dalam banyak kasus para pelaku bisnis umumnya memiliki latar belakang budaya – pola pikir, tata nilai, dan kepercayaan – yang tidak sama. Kendatipun demikian, mereka memiliki tujuan akhir komunikasi yang sama, yaitu melakukan transaksi bisnis. Implikasinya, dalam dunia bisnis Bahasa Inggris cenderung lebih banyak berfungsi sebagai media penghubung sehingga pengajaran Bahasa Inggris dalam konteks bisnis perlu untuk lebih ditekankan pada bagaimana seseorang dapat bersikap lebih fleksibel dan berkompromi dengan budaya-budaya lain (dari lawan bisnis) sehingga dia dapat bertahan/survive dalam persaingan bisnis global yang sangat dinamis dan cenderung sulit untuk diprediksi. Dalam konteks ini, indikator kesuksesan komunikasi dalam Business English bukanlah terletak pada aspek keakuratan bahasa, melainkan pada bagaimana seseorang/pelaku bisnis dapat mengambil suatu posisi yang tepat dan strategis dalam melakukan dan menyelesaikan suatu transaksi bisnis. Kemunculan fenomena BELF (Business English as Lingua Franca) dan Glocal English merupakan hasil dari kontak budaya dalam dunia bisnis yang kemudian memberikan dampak pada dunia pengajaran, terutama pengajaran Bahasa Inggris yang menyangkut bidang bisnis untuk tujuan-tujuan khusus, sehingga pendekatan, teknik, metode, dan materi pengajarannya perlu mengakomodas keberadaan fenomena ini. Artike singkat ini akan membahas isu-isu budaya yang ada dalam lingkup ESBP (English for Specific Business Purposes): BELF, Glocal English, dan implikasinya dalam dunia pengajaran.
Keywords: ESBP (English for Specific Business Purposes), BE (Business English), BELF (Business English as Lingua Franca), Glocal English, dan Pengajaran.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/nominal.v2i1.1650
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Siti Mahripah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Archive, Citation & Indexing:
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.