PERS DAN PENYEBARAN BENIH NASIONALISME: FILANTROPI PENGUSAHA ROKOK KRETEK KUDUS UNTUK PERS BUMIPUTERA MASA KOLONIAL

Edy Supratno, Program Studi Sejarah dan Kebudayaan Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam, Syekh Jangkung, Indonesia

Abstract


Abstrak

Selain melalui berbagai buku bacaan yang diperoleh di dunia pendidikan, isu kebangsaan yang diusung kelompok nasionalis pada awal abad ke-20 juga banyak tersebar melalui pers atau media massa. Di saat yang sama, mengelola media massa membutuhkan modal yang kuat demi keberlangsungan operasional sebuah penerbitan. Industri rokok kretek di Kudus menjadi salah satu yang fenomenal di Hindia Belanda karena pada masa itu pengusaha Bumiputera berhasil mencapai posisi tertentu. Dari hasil usaha rokok kretek mereka menjadi kaya raya dan menyandang status social baru, salah satunya adalah Nitisemito. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang sebagian di antaranya menggunakan sumber koran yang terbit pada masanya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana sumbangsih perusahaan rokok kretek Kudus dalam menghidupi media massa yang dikelola oleh Bumiputera pada masa-masa perkembangan nasionalisme di Indonesia. 

Kata kunci: Nasionalisme, Filantropi, Pers, Kretek, Kudus.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/mozaik.v14i1.58483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

 Web Analytics

View My Stats Mozaik