MODEL PEMBELAJARAN TERPADU BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK DI SEKOLAH DASAR

Unik Ambarwati, , Indonesia

Abstract


Praktek pendidikan di sekolah dasar cendrung memisah-misahan ilmu
dan pengetahuan kedalam bentuk bidang studi, hal tersebut berdampak
pada tidak utuhnya (holistik) kemampuan yang diperoleh oleh sisiwa.
Siswa mengalami kesulititan untuk memahami dan menghubungkan
antara konsep-konsep yang sederhana. Pembelajaran di sekolah dasar
hendaknya dapat mengembangkan semua potensi yang dimiliki oleh
siswa. Oleh sebab itu pembelajaran hendaknya dirancang dengan
menggunakan pendekatan yang tepat untuk dapat mengemabangkan
potensi siswa secara optimal. Pembelajaran terpadu dipandang relevan
dan memungkinkan terjadinya pembelajaran yang bermuatan
keterkaitan, baik inter maupun antar bidang studi. Pembelajaran
terpadu didasarkan pada pendekatan inquiry, yaitu melibatkan siswa
mulai dari merencanakan, mengeksplorasi, dan brain storming. Praktek
pembelajaran terpadu yang didasarkan pada kecerdasan majemuk
(multiple intelegence) diharakpan mampu mengembangkan potensi
siswa secara menyeluruh dan mendalam sehingga kualitas pendidikan
di sekolah dasar menjadi lebih baik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.