METODOLOGI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

M. Djauhar Siddiq, , Indonesia

Abstract


Sekoiah Dasar sebagai institusi pendidikan yang mempunyai misi
pcngcmbangan potensi dasar peserta didik belum mcnunjukkan hasil yang
diharapkan, karena realita metodologi pembelajaran di institusi
pcndidikan m1 masih monoton dan konvensional. Metodologi
pembelajaran di sekolah dasar yang mestinya berorientasi 1pada
pcngcmbangan scluruh potensi dasar dalam bcntuk semua kecakapan
hidup (life skill) dasar yang harus dimiliki peserta didik, tidak hanya
mengcmbangkan kognitif saja. Kecakapan-kecakapan hidup yang dasar
tersebut dapat dikembangkan dan diperuntukkan bagi perkembangan
peserta didik Jebih Ian jut pada tingkatan potensi yang Jebih tinggi.
Tulisan m1 menjelaskan secara singkat Jandasan dasar perlu
dikembangkannya kecakapan hidup anak sekolah dasar, dan alternatif
metodologi pembelajaran yang relevan dengan misi sekolah dasar
terse but. Ketuntasan konsep ini dapat dikaj i ulang metocfologi
pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran self esteem approach,
creative approach, value clarification and moral approach, multiple
talent approach, inquiry approach, pictorial riddle approach, dan
synthetics approach.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.