PEMBELAJARAN TEMATIK DAN IMPLEMENTASINYA DI SEKOLAH DASAR

Sungkono Sungkono, , Indonesia

Abstract


Proses pembelajaran diharapkan dapat berlangsung dengan menarik,
sehingga akan memusatkan perhatian siswa, rasa senang, dan
memudahkan siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan bermakna
bagi siswanya. Kondisi pembelajaran yang deniikian dapat diciptakan
dengan pendekatan pembelajaran tematik.
Pembelajaran tematik memiliki karakteristik berpusat pada siswa,
memberikan pengalaman langsung kepada siswa, pemisahrn mata
pelajaran tidak begitu jelas, menyajikan konsep dari berbagai mata
pelajaran dalam suatu proses pembelajaran., bersifat fleksibel, hasil
pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat, dan kebutuhan
siswa
Langkah pelaksanaan pembelajaran tematik meliputi perencanaan,
pencrapan Jan evaluasi. Pelaksanaan pembelajaran tematik .disuatu
sekolah akan memberikan keuntungan seperti lebih menyenangkan
siswa karena hertolak c:a~i minat dan kebutuhan siswa, pengalaman
dan kegiatan belajar relevan dengan tingkat perkembangan dan
kebutuhan siswa, hasil belajar akan bertahan lebih lama karena lebih
berkesar. dan bermakna, dan menumbuhkan keterampilan sosial,
seperti bekerja sama, toleransi, kom•mikasi dan tanggap terhadap
gagasan orang lain. Nrunun pembelajaran ini juga masih terdapat
kekurangan yang ditimbulkan yakni tidak setiap guru mampu
mengintegrasikan kurikulum dengan konsep-konsep yang ada dalam
mata pelajaran secara tepat.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.