STRATEGI CREATIF PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN
Abstract
Pembelajaran yang menerapkan strategi creatif problem solving,
peran pendidik lebih banyak menempatkan diri sebagai
fasilitator, motivator dan dinamisator belajar, baik secara
individual maupun secara berkelompok. Langkah-langkah
Creatif problem solving tersebut bila diterapkan dalam
pembelajaran adalah: I) Penemuan fakta, mengajukan
pertanyaan sesuai dengan pokok/sub pokok bahasan. 2)
Penemuan masalah, berdasar fakta-fakta yang telah dihimpun
ditentukan masalah/pertanyaan kreatif untuk dipecahkan. 3)
Penemuan gagasan, menjaring sebanyak mungkin alternatif
jawaban untuk pemecahan masalah. 4) Penemuan jawaban,
penentuan tvlok ukur atas Kriteria pengujian jawaban, sehingga
ciitemukan jawaban yang diharapkan. 5) penemuan penerimaan,
dikctemukan kebaikan c'an kelemailan gagasan, kemudian
menyimpulkan dari masing-masing masalah yang dibahas.
Proses pembelajaran yang memberikan kesempatan secara luas
kepada peserta didik merupakan prasyarat bagi peserta didik
untuk berlatih belajar mandiri melalui creatif problem solving.
Secara umum dapat dikatakan l>ahwa strategi pembelajaran yang
dipergunakan adalah strategi yang banyak melibatkan partisipasi
peserta didik dalam pembelajaran, peran fasilitator adalah
membantu peserta didik dalam menciptakan suasana belajar yang
kondusif. Kondisi terscbut akan mcmbcrikan kondisi yang
nyaman pada peserta didik berpartisipasi dalam pembelajaran.
peran pendidik lebih banyak menempatkan diri sebagai
fasilitator, motivator dan dinamisator belajar, baik secara
individual maupun secara berkelompok. Langkah-langkah
Creatif problem solving tersebut bila diterapkan dalam
pembelajaran adalah: I) Penemuan fakta, mengajukan
pertanyaan sesuai dengan pokok/sub pokok bahasan. 2)
Penemuan masalah, berdasar fakta-fakta yang telah dihimpun
ditentukan masalah/pertanyaan kreatif untuk dipecahkan. 3)
Penemuan gagasan, menjaring sebanyak mungkin alternatif
jawaban untuk pemecahan masalah. 4) Penemuan jawaban,
penentuan tvlok ukur atas Kriteria pengujian jawaban, sehingga
ciitemukan jawaban yang diharapkan. 5) penemuan penerimaan,
dikctemukan kebaikan c'an kelemailan gagasan, kemudian
menyimpulkan dari masing-masing masalah yang dibahas.
Proses pembelajaran yang memberikan kesempatan secara luas
kepada peserta didik merupakan prasyarat bagi peserta didik
untuk berlatih belajar mandiri melalui creatif problem solving.
Secara umum dapat dikatakan l>ahwa strategi pembelajaran yang
dipergunakan adalah strategi yang banyak melibatkan partisipasi
peserta didik dalam pembelajaran, peran fasilitator adalah
membantu peserta didik dalam menciptakan suasana belajar yang
kondusif. Kondisi terscbut akan mcmbcrikan kondisi yang
nyaman pada peserta didik berpartisipasi dalam pembelajaran.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.