PENGEMBANGAN CARA BERPIKlR DIVERGEN-KONVERGEN SEBAGAI ISU KRITIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Haryanto Haryanto, , Indonesia

Abstract


Telah menjadi tradisi di kelas-kelas kita bahwa para guru kita dalam
merancang proses pembelajaran belum mampu menciptakan kondi:;i
belajar yang memungk:nkan potensi peserta didik berkembang secara
optimal. Proses pembelajaran hanya meP.gembangkan belahan, otak
kiri yang cenderung berpikir konvergen, dan jarang sekali menyentuh
wilayah belahan otak kanan yang cenderung berpikir divergen. Proses
pembelajaran mestinya dirancang agar peserta didik mampu berpikir
alt~rnatif. Pendekatan pembela.iaran yang digunakan tidak hanya
behavioristik, tetapi pendekatan konstruktivistik juga diperlukan agar
peserta didik terangsang untuk terus belajar (belajar aktif, belajar
menemukan, belajar memecahkan masalah, belajar menyelidiki, dan
belajar menghayati). Jika pembelajaran mampu menyeimbangkan
perkembangan cara berpikir divergen dan konvergen maka proses
berpikir tingkat tinggi dapat terwlljud, sehingga dengan kemampuan
berpikir tingkat tinggi maka persoalan bangsa dapat diatasi dari sisi
kebermaknaan dan kebenaran substansial

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.