MOTIVASI BERPRESTASI SEBAGAI SALAH SATU PERHATIAN DALAM MEMILIH STRATEGI PEMBELAJARAN
Abstract
Dalam kegiatan pembelajaran, guru dituntut memiliki kemampuan memilih strategi
pembelajaran yang tepat. Kemampuan tersebut sebagai sarana serta usaha dalam memilih
strategi untuk menyajikan materi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan program
pembelajaran. Untuk memilih strategi pembelajaran, hendaknya berangkat dari perumusan
tujuan yang jelas, materi pembelajaran, karakteristik siswa dan kondisi pembelajaran. Setelah
tujuan pembelajaran ditentukan, kemudian memilih strategi pembelajaran yang dipandang efisien
dan efektif. Suatu strategi pembelajaran dikatakan efektif dan efisien apabila dapat mencapai
tujuan dengan waktu yang lebih cepat dari strategi yang lain. Kriteria lain yang perlu
diperhatikan adalah tingkat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Agar penerapan suatu
strategi pembelajaran dapat berhasil dengan baik, maka perlu memperhatikan beberapa faktor.
Ada empat faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan metode dan strategi, yaitu: 1) isi
dan tujuan pembelajaran, 2) karakter guru, 3) karakteristik siswa dan 4) lingkungan
pembelajaran. Beberapa karakteristik siswa yang perlu diperhatikan dalam penerapan strategi
pembelajaran, antara lain: bermotivasi berprestasi. Motivasi berprestasi merupakan dorongan
ingin tahu yang dapat dikembangkan selama proses pembelajaran, sikap yang membangun dan
mendorong untuk meraih hasil belajar, sehingga motivasi berprestasi akan mempengaruhi hasil
belajar siswa. Adanya dorongan dari dalam diri siswa untuk sukses, bekerja keras, meraih hasil
belajar yang lebih baik dan adanya upaya menghindari kegagalan dalam belajar maka siswa
menambah keyakinan dan aktivitas belajar untuk meraih hasil belajar yang lebih baik
pembelajaran yang tepat. Kemampuan tersebut sebagai sarana serta usaha dalam memilih
strategi untuk menyajikan materi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan program
pembelajaran. Untuk memilih strategi pembelajaran, hendaknya berangkat dari perumusan
tujuan yang jelas, materi pembelajaran, karakteristik siswa dan kondisi pembelajaran. Setelah
tujuan pembelajaran ditentukan, kemudian memilih strategi pembelajaran yang dipandang efisien
dan efektif. Suatu strategi pembelajaran dikatakan efektif dan efisien apabila dapat mencapai
tujuan dengan waktu yang lebih cepat dari strategi yang lain. Kriteria lain yang perlu
diperhatikan adalah tingkat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Agar penerapan suatu
strategi pembelajaran dapat berhasil dengan baik, maka perlu memperhatikan beberapa faktor.
Ada empat faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan metode dan strategi, yaitu: 1) isi
dan tujuan pembelajaran, 2) karakter guru, 3) karakteristik siswa dan 4) lingkungan
pembelajaran. Beberapa karakteristik siswa yang perlu diperhatikan dalam penerapan strategi
pembelajaran, antara lain: bermotivasi berprestasi. Motivasi berprestasi merupakan dorongan
ingin tahu yang dapat dikembangkan selama proses pembelajaran, sikap yang membangun dan
mendorong untuk meraih hasil belajar, sehingga motivasi berprestasi akan mempengaruhi hasil
belajar siswa. Adanya dorongan dari dalam diri siswa untuk sukses, bekerja keras, meraih hasil
belajar yang lebih baik dan adanya upaya menghindari kegagalan dalam belajar maka siswa
menambah keyakinan dan aktivitas belajar untuk meraih hasil belajar yang lebih baik
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.