STRATlGI PEMANFAATAN ANIMAS! SEBAGAl ALAT DAN MEDIA PEMB:gLAJARAN

Pujiriyanto Pujiriyanto, , Indonesia

Abstract


Perkembangan teknologi infonnasi membawa banyak impli~i
dan peiubahan terhadap jenis dan variasi media pembelaja~,
khususnya media-media berbasis visual. Dalam dunia pendidi~
animasi media komunikasi visual dapat menjadi media altem~tjf
yang ·interaktif dalam pe111beJajaran. Perkembangan animasi saqgai
· dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi teru~
komputer. Kemajuan teknologi komputer pada animasi membawa
banyak. manfaat tetapi pemanfaatannya sebagai media pembelaj~
belum tentu dapat meningkatk.an kinerja pembelajaran jika ti~~
dipersiapkan. Animasi komputer sebagai salah satu bentuk ~ed~a
komunikasi visual tcmyata memiliki ·karakteristik, kelebihan clan
keterbatasan tersendiri. Efisiensi, cfektifitas dan kinerja anin\1"$i
dalam penyajiannya memerlukan pra syarat dan kondisi tertentu agar
pemanfaatannya mencapai basil optimal dalam pembelajaran. fak4>r~
faktor apa saja yang penting dan dalarn pra syarat serta kondisi y~g
bagaimana animasi komputer etektif digunakan? PemahaQ:ian
terhadap strategi pemanfaatan, kondisi-kondisi yang diperlukan sefui
implikasi-implikasi yang muncul dari konfigurasi berbagai faktot
yang direncanakan · dan dilibatkan dalam pemanfaatannya h~$
diketahui. Tujilan utamanya mendapatkan · manfaat optimal di;ti
penyajian animasi dalam pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.